22 Februari 2024

Makhraj dan Sifat Huruf Ain dan Ghain

Seusai belajar bab makhraj dan sifat sesuai urutan pembagiannya, pada kesempatan kali ini makhraj sifat berfokus pada pembahasan setiap hurufnya. Dengan kata lain, akan dipaparkan di mana letak makhraj suatu huruf dan akan dijelaskan apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas dua huruf yaitu huruf Ain (ع) dan Ghain (غ). Dipilihnya kedua huruf tersebut karena secara tulisan mirip dan sama-sama keluar dari anggota tubuh berupa tenggorokan atau biasa disebut al-Halq, namun posisi tenggorokannya berbeda. Penjelasannya sebagai berikut :

Makhraj dan Sifat Huruf Ain (ع)

1. Makhraj Huruf Ain (ع)

Huruf Ain (ع) secara umum adalah huruf yang keluar dari tenggorokan (al-Halq). Sedangkan secara khusus, Huruf ain ini berasal dari tenggorokan bagian tengah atau biasa disebut dengan Wasath al-Halq. Makhraj huruf ain ini mirip dengan huruf ha (ح).

2. Sifat Huruf Ain (ع)

Huruf Ain memiliki 5 sifat yaitu 

  1. Jahr: Huruf dibaca dengan menahan hembusan angin
  2. Tawassuth : Huruf dibaca antara menahan dan mengalirkan suara
  3. Istifal : Huruf dibaca dengan menurunkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat diketahui bahwa huruf Ain tidak boleh dibaca dengan mengeluarkan hembusan angin, tidak juga memantul, dan juga tidak dibaca tebal. Selain itu, saat pengucapan sukun ain harus memperhatikan sifat tawassuthnya.

Kesalahan umum yang sering terjadi pada huruf ini antara lain adalah menyamakan suara huruf ain dengan bunyi hamzah, memantulkan huruf ain saat sukun, tidak memperhatikan sifat tawassuthnya ain, dan menebalkan huruf ain saat berdekatan dengan huruf tebal.

Untuk melatih pengucapan huruf ain baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 143 di bawah ini dengan memperhatikan huruf ha baik kondisi berharakat maupun sukun :

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَٰكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُوا۟ شُهَدَآءَ عَلَى ٱلنَّاسِ وَيَكُونَ ٱلرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا ٱلْقِبْلَةَ ٱلَّتِى كُنتَ عَلَيْهَآ إِلَّا لِنَعْلَمَ مَن يَتَّبِعُ ٱلرَّسُولَ مِمَّن يَنقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ ۚ وَإِن كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى ٱلَّذِينَ هَدَى ٱللَّهُ ۗ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَٰنَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بِٱلنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Makhraj dan Sifat Huruf Ghain (غ)

1. Makhraj Huruf Ghain (غ)

Huruf Ghain (غ) secara umum adalah huruf yang keluar dari tenggorokan (al-Halq). Sedangkan secara khusus, Huruf ghain ini berasal dari tenggorokan bagian atas atau biasa disebut dengan Adna al-Halq (tenggorokan yang dekat dengan mulut). Makhraj huruf ghain ini sama dengan huruf kha.

2. Sifat Huruf Ghain (غ)

Huruf Ghain memiliki 5 sifat yaitu 

  1. Jahr : Huruf dibaca dengan menahan hembusan angin
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengalirkan suara
  3. Isti'la : Huruf dibaca dengan menaikkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat diketahui bahwa huruf ghain harus dibaca dengan menahan aliran angin. Berbeda dengan ain yang posisinya di tengah antara mengalirkan atau menahan suara, huruf ghain harus dialirkan dengan baik.

Selain itu, huruf ghain merupakan salah satu huruf yang dibaca tebal karena memiliki sifat isti'la meskipun ketebalannya tidak setebal huruf yang memiliki sifat ithbaq. Kesalahan yang umum saat membaca huruf ghain adalah tidak mengalirkan suara saat sukun.

Untuk melatih pengucapan huruf ghain baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca QS Al-Maidah ayat 64 di bawah ini dengan memperhatikan huruf ha baik kondisi berharakat maupun sukun :

وَقَالَتِ ٱلْيَهُودُ يَدُ ٱللَّهِ مَغْلُولَةٌ ۚ غُلَّتْ أَيْدِيهِمْ وَلُعِنُوا۟ بِمَا قَالُوا۟ ۘ بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ يُنفِقُ كَيْفَ يَشَآءُ ۚ وَلَيَزِيدَنَّ كَثِيرًا مِّنْهُم مَّآ أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ طُغْيَٰنًا وَكُفْرًا ۚ وَأَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ ۚ كُلَّمَآ أَوْقَدُوا۟ نَارًا لِّلْحَرْبِ أَطْفَأَهَا ٱللَّهُ ۚ وَيَسْعَوْنَ فِى ٱلْأَرْضِ فَسَادًا ۚ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ ٱلْمُفْسِدِينَ

Demikian artikel singkat mengenai "Makhraj dan Sifat Huruf Ain dan Ghain". Untuk pembahasan makhraj dan sifat huruf-huruf hijaiah lainnya, silakan klik di sini. Anda juga bisa request judul artikel dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon