Profil YATLUNAHU

Profil Blog YATLUNAHU -

Bismillah...

Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh...

Segala puji hanya milik-Nya. Shalawat serta salam dihaturkan kepada utusan-Nya. Atas izin-Nya, alhamdulillah blog bernama "YATLUNAHU" ini dibuat pada hari Sabtu 24 Agustus 2019 pada pukul 17.00 WIB.

profil blog YATLUNAHU
YATLUNAHU
Pada artikel pertama blog ini, penulis secara singkat memaparkan beberapa hal mengenai lahirnya blog "YATLUNAHU" ini. Dimulai dari makna kata "YATLUNAHU", asal kejadian, konten blog, hingga harapan terciptanya blog ini.

Makna "YATLUNAHU"

Nama blog "YATLUNAHU" diambil dari bahasa Arab yang artinya "Mereka membacanya". Membaca apa? Membaca al-Quran? Benar, kata YATLUNAHU ini tepatnya dikutip dari potongan ayat di QS Al-Baqarah ayat 121 berikut ini :

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Artinya kurang lebih adalah "Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi"

Dari ayat di atas, penulis sengaja mengambil kata "YATLUNAHU" untuk dijadikan nama blog ini. Tentunya untuk harapan dan tema blog ini. Kata "YATLUNAHU" artinya Mereka Membacanya (al-Quran), yang berarti blog ini bertemakan tilawah al-Quran.

Asal Kejadian

Blog YATLUNAHU ini merupakan blog Tilawah al-Quran kedua milik penulis, setelah sebelumnya menghapus blog Tilawah al-Quran yang pertama. Penulis merasa dan beranggapan pada blog sebelumnya, tidak berisi materi-materi yang mendalam dan kurang sesuai harapan.

Oleh karena itu, penulis memutuskan menghapus blog pertama dan membuat blog baru yang bernama "YATLUNAHU" ini. Selain alasan penghapusan blog pertama, alasan lainnya adalah blog ini akan bertema Tilawah al-Quran.

Berbeda dengan blog pertama yang bertemakan Tajwid (nama blog : Murid Tajwid), blog YATLUNAHU ini mengambil tema tilawah al-Quran yang di dalamnya juga pembahasan utama nya adalah tajwid.

Konten Blog

Setelah mengetahui makna dan asal kejadian blog "YATLUNAHU" ini, setidaknya sudah terpetakan mengenai konten-konten yang akan menghiasi blog "YATLUNAHU" ini. Bertemakan Tilawah al-Quran, berikut konten-konten yang akan disajikan :
  1. Tajwid : Konten utama blog ini. Berisi materi-materi dalam ilmu Tajwid
  2. Makhraj dan Sifat : Konten tambahan dari Tajwid. Biasanya tidak dibahas di buku Tajwid
  3. Contoh : Konten membahas atau menguraikan hukum-hukum bacaan pada suatu ayat atau surah.
  4. Tips : Konten memuat tips, trik, dan motivasi dalam membaca (tilawah) al-Quran
  5. Wawasan : Konten berisi seputar dunia tilawah al-Quran misalnya Rasm Utsmani, Dhabt, dan lain sebagainya
  6. Daftar Isi : kumpulan artikel-artikel yang berisi daftar isi artikel agar pembaca mudah menemukan artikel yang sudah tersusun
  7. Soal : konten tambahan berupa contoh-contoh soal atau pertanyaan yang dapat digunakan untuk latihan atau ujian tajwid  *added on 03/12/19
  8. Kitab : konten yang berisi rangkuman kitab-kitab tajwid. *added on 11/12/19
Delapan konten di atas, kemungkinan masih bisa berubah atau bertambah, tergantung kebutuhan, kondisi, dan kemampuan penulis. Besar harapan penulis bisa saling tukar pikiran dan pendapat dengan para pembaca, melalui :

-----Email : yatlunahu[at]gmail.com
-----Situs Utama : www.khudzilkitab.com
-----Twitter : [at]ahmadyahya2019

Harapan

Dengan adanya blog "YATLUNAHU" ini, penulis berharap sedikit ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi pribadi dan khalayak umum, terutama para pembaca (tilawah) al-Quran. Rinciannya, blog ini bisa membantu masyarakat untuk semakin mudah dan istiqomah dalam membaca al-Quran.

Tentu yang perlu dicatat bahwa materi atau artikel yang dibagikan di situs ini hanyalah sebagai bahan atau materi tambahan dalam memahami maupun belajar tilawah dan tajwid. Instrumen atau bahan utama adalah talaqqi dan musyafahah, atau simpel nya adalah berguru langsung kepada guru al-Quran.

Berikut ini jadwal publish artikel. Jadwal ini dibuat sesuai tanggal per bulan nya. Para pembaca juga bisa membaca artikel di situs penulis lainnya. Atau meminta judul artikel berikutnya. Jadwal ini bukan pasti terbit (bukan pasti sebulan 6x terbit), tetapi kalau ada artikel yang terbit maka akan diterbitkan sesuai jadwal yang tertera.
  • KhudzilKitab : Tanggal 2, 7, 12, 17, 22, 27  setiap bulan nya.
  • Yatlunahu : Tanggal 3, 8, 13, 18, 23, 28 setiap bulan nya.
  • DustyLocker : Tanggal 4, 9, 14, 10, 24, 29 setiap bulan nya

Untuk menunjang keberlangsungan blog/situs ini, sejak tanggal 8 Mei 2020/15 Ramadhan 1441 H penulis memasang beberapa iklan adsense dari g00gle. Semoga amal dan sedekahnya diberikan balasan yang setimpal.

Akhirnya, penulis hanya bisa berharap pada ridha dan taufik-Nya agar blog ini bisa semakin berkembang dan bermanfaat. Apabila ada kekurangan atau kesalahan, mohon dengan senang hati memberikan masukan, saran positif, dan memaafkan. Terima kasih

***Doa penulis : Semoga menjadi blog yang bermanfaat bagi penulis, keluarga, dan masyarakat baik di dunia maupun di akhirat. Amin.

Wassalamualaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh...

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar
24 Agustus 2019 17.57 delete

Tes komentar YATLUNAHU

Reply
avatar

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon