7 Mei 2023

Daftar Isi Ilmu Qiraat

Dalam pembahasan bacaan al-Qur'an, terdapat istilah variasi bacaan yang kemudian dikumpulkan dan disusun menjadi sebuah ilmu yang dinamakan ilmu Qiraat. Versi bacaan yang populer di dunia saat ini, termasuk yang digunakan di Indonesia adalah Qiraah-nya Imam Hafsh (حفص).


Secara bahasa, kata Qiraat (قراءات) merupakan bentuk jamak (plural) dari kata tunggal berupa qiraah (قراءة) yang artinya bacaan. Secara istilah, sebagaimana dikutip dari Imam Badruddin az-Zarkasyi dalam kitabnya yang berjudul "al-Burhan fi Ulum al-Qur'an" adalah

القراءات هي اختلاف ألفاظ الوحي المذكور في كتبة الحروف أو كيفياتها من تخفيف وتثقيل وغيرها

Imu Qiraat adalah ilmu yang membahas perbedaan lafal-lafal wahyu dalam penulisan huruf-huruf atau perbedaan cara-caranya (terkait pengucapannya) yang terdiri dari takhfif (meringankan atau tanpa tasydid), tatsqil (memberatkan atau dengan tasydid), dan lainnya.

Berikut ini adalah daftar artikel-artikel yang membahas seputar ilmu Qiraat selain Hafsh yang difokuskan hanya pada konteks bacaan berdasarkan imam qiraat yang dituju. Adapun terkait sejarah, perkembangan, pengaruh, dan lain sebagainya, maka Anda dapat mengunjungi situs KhudzilKitab.

Untuk lebih jelasnya, selain membaca artikel di sini, silakan para pembaca atau pengunjung dapat menimba ilmu secara langsung kepada guru-guru ilmu Qiraat di lingkungan Anda secara talaqqi dan musyafahah.

Qiraah Sab'ah

1. Nafi' al-Madani
- Biografi Imam Nafi'
- Biografi Perawinya (Qalun dan Warsy)

2. Ibn Katsir
- Biografi Imam Ibn Katsir
- Biografi Perawinya (al-Bazzi dan Qunbul)

3. Abu 'Amr
- Biografi Imam Abu Amr
- Biografi Perawinya (ad-Duri dan as-Susi)

4. Ibn Amir
- Biografi Imam Ibn Amir
- Biografi Perawinya (Hisyam dan Ibn Dzakwan)

5. Ashim
- Biografi Imam Ashim
- Biografi Perawinya (Syu'bah dan Hafsh)

6. Hamzah
- Biografi Imam Hamzah
- Biografi Perawinya (Khalaf dan Khallad)

7. al-Kisa'i
- Biografi Imam al-Kisa'i
- Biografi Perawinya (Abu al-Harits dan ad-Duri)


Qiraah Asyrah

8. Abu Ja'far

9. Ya'qub

10. Khalaf



Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon