17 April 2024

Jumlah Tanda Waqaf dalam Mushaf al-Qur'an

Tanda waqaf merupakan tanda yang dirumuskan oleh para ulama agar para pembaca al-Qur'an tidak melakukan kesalahan dalam memilih tempat berhenti dan memulai (al-Waqf wa al-Ibtida). Jumlah tanda waqaf bervariasi. Lalu berapa jumlah tanda waqaf dalam al-Qur'an?

Artikel ini menjelaskan tentang jumlah tanda waqaf di dalam al-Qur'an yang berfokus pada mushaf standar Indonesia atau mushaf kemenag. Selain itu, juga akan dipaparkan jenis-jenis tanda waqaf apa saja di dalam Mushaf Indonesia maupun Mushaf Madinah.


Tanda Waqaf dalam Mushaf Indonesia dan Madinah

Tanda waqaf yang digunakan dalam Mushaf Indonesia mengalami perubahan atau bisa disebut penyederhanaan. Sebelum disederhanakan, tanda waqaf mushaf Indonesia cukup banyak yaitu 12 tanda di antaranya ق, ك, قف, ج, ز, ص , dan lain-lain.

Pasca penyederhanaan, tanda waqaf yang digunakan dalam Mushaf Indonesia sekarang ini berjumlah 6 (enam) tanda saja yaitu waqaf lazim (مـ), waqaf awla (قلى), waqaf jaiz (ج), muanaqah (؞), washal awla (صلى), dan la waqfa fihi (لا).

Sementara itu, tanda waqaf Mushaf Madinah juga mengalami perubahan. Tanda waqaf yang awalnya berjumlah 6 (enam) sesuai dengan tanda waqaf yang digunakan di Mushaf Indonesia sekarang, dikurangi menjadi 5 (lima) tanda saja

Tanda waqaf mana yang tidak digunakan dalam Mushaf Madinah? Tanda waqaf yang tidak digunakan sejak versi tahun 2018 adalah tanda la waqfa fihi (لا). Untuk membaca artikel lain seputar Waqaf Ibtida, silakan KLIK DI SINI. Untuk membaca artikel tentang perbedaan Mushaf Indonesia dan Madinah, silakan KLIK DI SINI.

Jumlah Tanda Waqaf Mushaf Indonesia

Setelah mengetahui tanda-tanda waqaf mana saja yang digunakan dalam Mushaf Indonesia, maka pertanyaan selanjutnya adalah berapa jumlahnya? Apakah mencapai ratusan, ribuan, bahkan jutaan? Dan bagaimana perinciannya?

Menurut Fahrur Rozi dalam pemaparan bukunya yang berjudul "Menyoal Tanda Waqaf" disebutkan bahwa total seluruh tanda waqaf dalam Mushaf Indonesia adalah 7.228 tanda waqaf. Adapun perinciannya bisa Anda lihat gambar infografis tanda waqaf dalam angka di bawah ini.

Tanda Waqaf dalam Angka

Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa total jumlah tanda waqaf MSI (Mushaf Standar Indonesia) adalah 7.228 tanda waqaf. Urutan paling sedikit adalah muanaqah meskipun tidak disebutkan secara langsung namun setelah dikurangi dengan tanda yang lain maka berjumlah 18 tanda saja.

Urutan berikutnya tanda waqaf lazim berjumlah 86 tanda, waqaf washal awla berjumlah 501 tanda, waqaf mamnu' atau la waqfa fihi berjumlah 1.417 tanda, waqaf jaiz berjumlah 1.544 tanda, dan yang paling banyak adalah waqaf awla berjumlah 3.640 tanda.

Jika dilihat dari segi posisi, tanda waqaf dalam Mushaf Standar Indonesia terbagi menjadi dua macam yaitu tanda waqaf yang terletak di tengah ayat dan tanda waqaf yang berada di akhir ayat. Tanda waqaf di akhir ayat ini merupakan ciri khas dari Mushaf Indonesia.

Lalu berapa tanda waqaf jika dilihat dari segi posisi atau letaknya? Jika dilihat dari segi posisi atau letak, jumlah tanda waqaf Mushaf Indonesia yang berada di tengah berjumlah 5.078 tanda. Sedangkan tanda waqaf Mushaf Indonesia yang berada di akhir ayat berjumlah 2.147 tanda.

Jumlah Tanda Waqaf Mushaf Madinah

Pertanyaan selanjutnya, berapa jumlah tanda waqaf dalam Mushaf Madinah? Secara umum, jumlah tanda waqaf dalam Mushaf Madinah edisi tahun 2018 adalah 4.272 tanda waqaf yang semuanya terletak di tengah ayat, tidak ada yang berada di akhir ayat.

Masih dalam sumber yang sama disebutkan bahwa tanda waqaf lazim berjumlah 21 tanda, tanda waqaf awla berjumlah 511 tanda, tanda waqaf jaiz berjumlah 2.081 tanda, tanda washal awla berjumlah 1.654, dan tanda muanaqah berjumlah 3 tanda.

Demikian artikel singkat berjudul "Jumlah Tanda Waqaf dalam Mushaf al-Qur'an". Untuk membaca artikel lain, silakan bisa KLIK DI SINI. Anda juga bisa memberikan usulan judul artikel dengan cara berkomentar di bawah ini. Terima kasih... 

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon