1 September 2019

Sifat Syiddah, Tawassuth, dan Rakhawah

Sifat Syiddah, Tawassuth, dan Rakhawah -

Sifat-sifat huruf hijaiah berlawanan yang kedua adalah antara Syiddah, Tawassuth, dan Rakhawah. Kok ada 3 sifat, bukannya yang berlawanan hanya 2? Nah, di artikel ini kita akan ulas apa pengertian dari sifat Syiddah, Tawassuth, dan Rakhawah. Lalu apa saja huruf-huruf yang memiliki sifat Syiddah, Tawassuth, dan Rakhawah.

Syiddah

Secara bahasa, Syiddah (شدة) artinya kuat. Secara istilah ilmu Tajwid, sifat Syiddah berarti menahan keluarnya suara ketika mengucapkan suatu huruf, karena kuatnya huruf tersebut bergantung pada makhraj.


Syiddah merupakan sifat yang masuk dalam kategori sifat kuat.Untuk mengetahui sifat Syiddah atau tertahannya suara, dapat dilatih dengan memberi sukun huruf Syiddah sehingga suara nya akan tertahan dengan sempurna.

Namun, selain sukun, sifat Syiddah juga terdapat saat huruf tersebut berharakat karena Syiddah merupakan sifat lazimah (tetap).Huruf-huruf yang memiliki sifat syiddah berjumlah 8 huruf yang terkumpul dalam kalimat di bawah ini :

أَجِدْ قَطُّ بَكَتْ

Kedelapan huruf di atas memiliki sifat Syiddah meskipun tingkat syiddah nya berbeda-beda. Selain memiliki sifat Syiddah, kedelepan huruf tersebut memiliki sifat lanjutan yakni 5 huruf memiliki sifat Jahr, Syiddah, dan Qalqalah. Sedangkan 2 huruf memiliki sifat Hams dan Syiddah.

Secara lengkap, berikut ini adalah sepuluh huruf-huruf yang memiliki sifat Syiddah serta sifat-sifat lain yang dimilikinya selain sifat Syiddah :
  1. Ba : Jahr, Syiddah, Istifal, Infitah, Idzlaq, Qalqalah
  2. Ta : Hams, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat
  3. Jim : Jahr, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat, Qalqalah
  4. Dal : Jahr, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat, Qalqalah
  5. Tha : Jahr, Syiddah, Isti'la, Ithbaq, Ishmat, Qalqalah
  6. Qaf : Jahr, Syiddah, Isti'la, Infitah, Ishmat, Qalqalah
  7. Kaf : Hams, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat
  8. Hamzah : Jahr, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat

Rakhawah

Kata Rakhawah (رخاوة) secara bahasa artinya lembut. Sedangkan secara isitlah ilmu Tajwid, sifat Rakhawah adalah mengalir nya suara ketika membunyikan suatu huruf disebabkan karena lemahnya huruf tersebut bergantung pada makhraj.

Jumlah huruf yang memiliki sifat Rakhawah adalah 16 huruf jika dihitung alif. Namun jika tidak memakai alif, maka total huruf Rakhawah ada 15 huruf. Mengapa demikian? Karena terdapat perbedaan pendapat mengenai sifat huruf alif (insyaallah dibahas pada artikel khusus).

Selain sebutan Rakhawah, sifat ini juga dinamakan sifat Rikhawh. Arti keduanya sama. Keenam belas huruf yang memiliki sifat Rakhawah itu berkumpul dalam kalimat di bawah ini :

خُذْ غِثَّ حَظٍّ فَضَّ شَوْصُ زَيَّ سَاهٍ

Secara lengkap, berikut ini adalah enam belas huruf-huruf yang memiliki sifat Rakhawah serta sifat-sifat lain yang dimilikinya selain sifat Rakhawah :
  1. Alif :  (huruf Mad)
  2. Tsa : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat
  3. Ha : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat
  4. Kha : Hams, Rakhawah, Isti'la, Infitah, Ishmat
  5. Dzal : Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat
  6. Za : Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Shafir
  7. Sin : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Shafir
  8. Syin : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Tafasysyi
  9. Shad : Hams, Rakhawah, Isti'la, Ithbaq, Ishmat, Shafir
  10. Dhad : Jahr, Rakhawah, Isti'la, Ithbaq, Ishmat, Istithalah
  11. Zho : Jahr, Rakhawah, Isti'la, Ithbaq, Ishmat
  12. Ghain : Jahr, Rakhawah, Isti'la, Infitah, Ishmat
  13. Fa : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Idzlaq
  14. Wawu : Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Lin
  15. Ha' : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Khafa
  16. Ya : Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Lin

Tawassuth

Kata tawassuth (توسط) secara bahasa artinya pertengahan. Secara istilah, sifat Tawassuth artinya tidak benar-benar menahan suara dan juga tidak benar-benar mengalirkan suara, sehingga ia dinamakan pertengahan antara Syiddah dan Rakhawah.

Selain dinamakan sifat Tawassuth, sifat ini juga kadang disebut sifat Bainiyyah (antara).  Jumlah huruf yang memiliki sifat Tawassuth adalah 5 huruf. Kelima huruf tersebut dikumpulkan menjadi kalimat di bawah ini :

لِنْ عُمَرْ

Secara lengkap, berikut kelima huruf-huruf yang memiliki sifat Tawassuth dan juga sifat-sifat yang dimilikinya selain sifat Tawassuth :
  1. Ro : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Inhiraf, Takrir
  2. Ain : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Ishmat
  3. Lam : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Inhiraf
  4. Mim : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Ghunnah
  5. Nun : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Ghunnah
Mengapa sifat yang berlawanan biasanya antara 2 sifat, sedangkan sifat berlawanan kali ini ada 3 sifat? Karena masalah dalam sifat ini berkaitan dengan aliran suara. Apakah suaranya mengalir atau tertahan.

Namun, selain pilihan antara mengalir atau tertahan, ada juga beberapa huruf yang tidak bisa ditahan suaranya dan tidak panjang mengalir suaranya. Itulah muncul sifat namanya Tawassuth (pertengahan) atau Bainiyyah (antara)

Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat tabel huruf-huruf yang memiliki sifat-sifat baik Syiddah, Tawassuth, dan Rakhawah yang ada di artikel bertema Makhraj Sifat sub Tabel. Semoga bermanfaat

4 komentar

  1. Alhamdulillah nambah ilmu setelah baca web ini, jazakillah khair yg udah buat web ini, semoga kedepannya web ini bisa lebih bermanfaat buat orang banyak aamiin.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, bertambah ilmu dan pemahaman saya melalui tulisan di blog ini, insyaaAllah jadi fahala jariah kebaikan bagi penulis dan team, aamii

    BalasHapus
  3. Jazakallah untuk ilmunya. Untuk sifat Tawassuth, mohon dicontohkan cara membacanya dalam bacaan surat yang ada di Alquran

    BalasHapus
  4. Syukron jazaakallohu Khoiron akhi

    BalasHapus

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon