7 Maret 2022

Kuis Tajwid

Selain belajar tajwid kepada Guru Al-Qur'an, mengerjakan tes atau kuis tajwid juga dapat membantu untuk memahami ilmu Tajwid. Artikel ini dibuat khusus untuk memberikan fasilitas kepada para pembaca berupa kuis tajwid yang dapat diisi dan dicek hasilnya.


Di topik soal, kami sajikan dua model. Pertama, ada artikel yang berisi soal-soal pilihan ganda yang bersifat khusus, misalnya soal pilihan ganda bab mim sukun. Kedua, ada artikel berisi kuis soal tajwid yang dapat dijawab dan bersifat umum. Jenis kedua inilah yang Anda baca saat ini.

Sesuai namanya, kuis yang disajikan hanya berfokus pada tajwid saja (hukum bacaan) dan tidak berisi pembahasan sifat dan makhraj. Anda dapat melihat bab-bab (hukum bacaan) apa saja yang dibahas dalam kuis tajwid pada list berikut ini :

Tajwid Umum

1. Bab Nun Sukun dan Tanwin : Idzhar Halqi, Idgham bi Ghunnah, Idgham bila Ghunnah, Iqlab, Ikhfa Haqiqi, Idzhar Wajib

2. Bab Ghunnah

3. Bab Mim Sukun : Idzhar Syafawi, Idgham Mimi, Ikhfa Syafawi

4. Bab Lam Ta'rif : Idzhar Qamari, Idgham Syamsi

5. Bab Qalqalah : Qalqalah Sughra, Qalqalah Kubra

6. Bab Lafdzul Jalalah : Tafkhim, Tarqiq

7. Bab Ro : Tafkhim, Tarqiq, Jawazul Wajhain

8. Bab Idgham : Idgham Mutamatsilain, Idgham Mutajanisain, Idgham Mutaqaribain

9. Bab Mad : Mad Thabi'i, Mad Badal, Mad Iwad, Mad Tamkin, Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfashil, Mad Arid Lissukun, Mad Shilah, Mad Lin, Mad Farq, Mad Lazim

Tajwid Khusus (Gharib)

1. Shifr

2. Saktah

3. Imalah

4. Tashil

5. Dha'fan dha'fin

6. Tanda Sin

7. Perubahan Mad Badal

8. Iltiqa Sakinain

9. Awal Surat Bara'ah

10. Nun Wiqayah

Berikut ini kami sajikan daftar isi dari kuis-kuis yang ada dalam situs ini.

Daftar Isi (Klik Subjudul yang ingin dibaca)

Kuis Tajwid Umum

Anda bisa langsung mengisi kuis di bawah ini atau langsung ke mode Google Form dengan cara . Selamat mengerjakan!

Kuis berikutnya

Kuis Tajwid Gharib

Anda bisa langsung mengisi kuis di bawah ini atau langsung ke mode Google Form dengan cara . Selamat mengerjakan!

Kuis berikutnya

Kuis Tajwid bab Mad

Anda bisa langsung mengisi kuis di bawah ini atau langsung ke mode Google Form dengan cara . Selamat mengerjakan!

Kuis berikutnya

Kuis Tajwid bab Nun Sukun dan Tanwin

Anda bisa langsung mengisi kuis di bawah ini atau langsung ke mode Google Form dengan cara . Selamat mengerjakan!

Selamat belajar!


PLACEMENT TEST

Sudah mencoba semua soal-soal yang kami sajikan? Ingin terus lanjut belajar? Berikut ini kami berikan tes khusus yang diberi nama "Placement Test". Apa itu placement test? Placement test adalah tes untuk menentukan sejauh mana pemahaman Anda terkait tilawah al-Qur'an yang terdiri dari tajwid, makhraj, sifat, dan waqaf.

Hasil placement test adalah e-Sertifikat hasil dari jawaban Anda saat mengisi Placement Test. E-Sertifikat ini akan dikirimkan ke email Anda, jadi pastikan isi email dengan benar. E-Sertifikat ini berisi atau terdiri dari nama, skor, dan predikatnya. Total ada 20 soal yang harus Anda kerjakan.

Selain itu, kami menyediakan 3 (tiga) level placement test yang bisa Anda coba yaitu level medium, level high, dan level advance. Ketiga level ini memuat 20 soal yang berisi seluruh teori tajwid secara umum. Namun setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Perbedaan setiap level : Untuk level medium mungkin tidak jauh berbeda dari tes umum di atas namun dengan materi yang luas mencakup tajwid, makhraj, sifat, dan waqaf. Untuk level high akan disajikan soal yang lebih mendalam. Sedangkan level advance kurang lebih sama dengan level high namun dibatasi oleh waktu.

Soal terkunci : Placement test level medium terbuka bagi siapa saja dan akan mendapatkan e-sertifikat via email terdaftar. Jika predikat Anda di level medium adalah baik, maka Anda akan dikirimkan link via email untuk mengerjakan level high. Begitu seterusnya berlaku juga untuk level advance.

Semoga sukses!

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon