Tabel Hukum Bacaan Mad

Tabel Hukum Bacaan Mad -

Hukum bacaan Mad merupakan salah satu bab yang dianggap paling sulit. Hal itu wajar karena bab Mad berisi banyak hukum-hukum Mad lainnya dan memiliki syarat atau kondisi masing-masing. Termasuk juga bab dengan hukum bacaan terbanyak.

Selain itu, beberapa orang juga merasa kebingungan dengan alur atau skema sebab-sebab hukum bacaan Mad, sehingga menyebabkan kesalahpahaman dan tertukar informasi mengenai hukum bacaan Mad yang mirip-mirip.

Oleh karena itu, pada artikel singkat ini, penulis akan memberikan gambar tabel hukum bacaan Mad dengan singkat dan padat. Dan juga disertai dengan info grafis atau keterangan tambahan. Silahkan perhatikan gambar nya di bawah ini :

tabel mad yatlunahu
Klik untuk memperbesar

Dari gambar atau info grafis di atas, dapat diperoleh beberapa informasi, yang diharapkan dapat memudahkan para pelajar ilmu Tajwid khususnya hukum bacaan Mad itu sendiri.

Secara garis besar, bab Mad terbagi menjadi dua yaitu Mad Thabi'i (Asli) dan Mad Far'i (Cabang). Panjang hukum bacaan Mad Thabi'i adalah 1 alif atau 2 harakat. Panjang 1 alif atau 2 harakat ditandai dengan warna biru.

Mad Thabi'i

Hukum-hukum bacaan Mad yang sejenis panjangnya dengan Mad Thabi'i ada 4 yaitu Mad Badal, Mad Tamkin, Mad Iwadh, dan Mad Shilah Qashirah. Keempat hukum bacaan itu panjang nya sama meskipun kasus atau syarat nya berbeda.

Penjelasan masing-masing hukum bacaan Mad dapat Anda baca di artikel masing-masing sesuai nama hukum bacaannya. Lebih lengkapnya, Anda bisa cari di daftar isi tajwid atau klik di sini.

Mad Far'i

Sedangkan untuk Mad Far'i terbagi menjadi beberapa macam tergantung dari sebabnya. Sebab dari Mad Far'i setidaknya ada 3 yaitu Hamzah, Sukun waqaf, dan sukun tasydid. Berbeda sebab maka berbeda hukum bacaannya sekaligus berbeda panjangnya.

Mad Far'i yang disebabkan hamzah memiliki panjang bacaan 2 hingga 2,5 alif atau 4 hingga 5 harakat. Mad yang demikian adalah Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfashil, dan Mad Shilah Thawilah.

Sedangkan Mad Far'i yang muncul disebabkan oleh huruf sukun (sebab) waqaf ada dua hukum yaitu Mad Aridh Lissukun dan Mad Layyin. Kedua hukum bacaan tersebut memiliki 3 wajah panjang bacaan yakni 1,2, dan 3 alif (2,4, dan 6 harakat).

Terakhir, Mad Far'i yang disebabkan karena sukun atau tasydid (disebut Mad Lazim) terbagi menjadi 2 kondisi yakni Kalimi  (jika berbentuk kata atau dalam satu kata) dan Harfi (jika berbentuk huruf). Sukun dan tasydid dibedakan namanya.

Sukun disebut Mukhaffaf, sedangkan tasydid disebut Mutsaqqal. Misalnya, untuk kondisi satu kata dan bertemu sukun maka disebut Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf. Jika kondisi satu kata dan bertemu tasydid maka Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal.

Total Mad Lazim ada 4 hukum bacaan. Dan keempatnya memiliki panjang 3 alif atau 6 harakat. Pada gambar tabel ditandai dengan warna merah gelap.

Demikian artikel singkat mengenai tabel hukum bacaan Mad. Semoga bermanfaat.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon