Pengertian dan Perbedaan Waqaf, Qatha', dan Saktah

Pengertian dan Perbedaan Waqaf, Qatha`, dan Saktah -

Dalam membaca al-Quran, lalu kita berhenti, terdapat 3 istilah yang sering dipakai yaitu Waqaf, Qatha', dan Saktah. Apa pengertian dari Waqaf, Qatha', dan Saktah? Dan apa pula perbedaan dari masing-masing Waqaf, Qatha', dan Saktah?

Pengertian

Istilah Waqaf, Qatha', dan Saktah merupakan istilah-istilah yang tidak dibedakan oleh para Ulama Mutaqaddimin (masa-masa awal Islam). Sedangkan Ulama Mutaakhirin (setelah masa awal) membedakan makna ketiga istilah tersebut.


Secara bahasa, Waqaf bisa berarti berhenti, diam, atau menahan. Pengertian Waqaf secara istilah adalah memotong atau berhenti membaca pada sebuah kata dalam waktu tertentu dan masih berniat melanjutkan bacaan. Waqaf bisa terjadi karena disebabkan ingin mengambil nafas atau batuk.

Secara bahasa, Qatha' artinya memutus. Pengertian Qatha' secara istilah adalah memotong atau berhenti membaca pada akhir kata dengan niat berpaling atau tidak melanjutkan membaca lagi. Maksudnya, ketika kita ingin mengakhiri baca al-Quran itu adalah Qatha'.

Berbeda dengan waqaf, yang berhenti lalu melanjutkan lagi bacanya, Qatha' harus dilakukan pada akhir ayat sehingga menjadi jelas dan lengkap makna nya. Tidak boleh melakukan Qatha' di tengah-tengah ayat.

Secara bahasa, Saktah artinya diam. Pengertian Saktah secara istilah adalah memotong atau berhenti membaca dalam jangka waktu tertentu tanpa bernafas dan niat melanjutkan bacaan waktu itu juga. Cara baca Saktah adalah dengan berhenti dan menahan nafas selama kurang dari 2 harakat.

Praktek bacaan Saktah dalam riwayat Hafsh dari Ashim thariq Syathibi, terdapat hanya pada 6 tempat dalam al-Quran. Dengan rincian Saktah Wajib ada 4 dan saktah Jaiz ada 2. Pembahasan Saktah bisa dibaca di artikel tajwid.

Dari pengertian di atas, dapat diketahui bahwa Waqaf, Qatha', dan Saktah memiliki persamaan. Persamaan Waqaf, Qatha', dan Saktah adalah sama-sama berhenti membaca. Bedanya, ada yang berhenti tanpa nafas, ada yang berhenti tidak lanjut baca, dan berhenti lalu lanjut baca.

Perbedaan

Dari pengertian Waqaf, Qatha', dan Saktah di atas, kita juga dapat mengambil beberapa perbedaan dari Waqaf, Qatha', dan Saktah. Setidaknya ada 5 perbedaan Waqaf, Qatha', dan Saktah sebagaimana dikutip dari kitab "Mukhtashar al-Muktafa" sebagai berikut :

1. Waqaf dan Saktah sama-sama niat melanjutkan bacaan, sedangkan Qatha' tidak melanjutkan bacaan al-Quran

2. Waqaf dan Qatha' sama-sama berhenti dengan mengambil nafas, sedangkan Saktah adalah berhenti tanpa mengambil nafas

3. Jangka waktu waqaf adalah dua harakat, sedangkan jangka waktu saktah kurang dari dua harakat.

4. Disunnahkan membaca isti'adzah ketika setelah Qatha', sedangkan setelah Waqaf dan Saktah tidak disunnahkan untuk membaca isti'adzah

5. Qatha' hanya boleh berhenti pada akhir ayat, sedangkan Waqaf dan Saktah bisa berhenti di tengah atau akhir ayat.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon