Persamaan dan Perbedaan Antara Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi

Persamaan dan Perbedaan Antara Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi -

Setelah membaca pengertian dan penjelasan mengenai Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi, sebagian ada yang masih kebingungan antara persamaan dan perbedaannya. Ada juga yang mengira beberapa hukum itu sama hanya beda nama.

Dalam artikel ini akan mengulas persamaan dan perbedaan dalam Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi. Meskipun ketiga hukum disebut langsung, namun perbandingan di sini tidak langsung ketiga hukum tersebut (Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi).

Persamaan dan Perbedaan Antara Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi

Melainkan akan diperbandingkan antara Iqlab dan Ikhfa Syafawi, kemudian perbandingan antara Ikhfa Syafawi dengan Ikhfa Haqiqi. Perbandingan ini, baik persamaan maupun perbandingan, dikutip dari kitab "Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid"

BACA JUGA :
  1. Penjelasan Iqlab Lengkap
  2. Penjelasan Ikhfa Haqiqi Lengkap
  3. Penjelasan Ikhfa Syafawi Lengkap

Sebelum menjelaskan perbandingannya, perlu diingat lagi mengenai pengertian ketiga hukum secara singkat. Iqlab adalah mengganti nun sukun atau tanwin menjadi mim sukun jika bertemu ba, Ikhfa Haqiqi adalah menyamarkan nun sukun atau tanwin jika bertemu huruf Ikhfa, dan Ikhfa Syafawi adalah menyamarkan mim sukun jika bertemu ba.

Perbandingan antara Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi

Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi itu sama-sama dibaca samar. Hukum Ikhfa atau Samar dalam bab Nun Sukun dan Tanwin dinamakan Ikhfa Haqiqi. Sedangkan dalam bab Mim Sukun dinamakan Ikhfa Syafawi. Berikut ini ada dua perbedaan antara hukum bacaan Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi.

Pertama : Samar nya nun sukun atau tanwin dalam Ikhfa Haqiqi, benar-benar menyamarkan (hampir menghilangkan) bentuk nun nya dan hanya menyisakan sifat Ghunnah nya. Sedangkan samar nya mim sukun dalam Ikhfa Syafawi tidak sampai menyebabkan bentuk mim sukun nya hilang.

Kedua : Para Ulama Tajwid tidak berbeda mengenai hukum bacaan Ikhfa Haqiqi, sedangkan dalam hukum bacaan Ikhfa Syafawi, para Ulama Tajwid berbeda pendapat antara dibaca Ikhfa dengan Idzhar.

Perbandingan antara Iqlab dan Ikhfa Syafawi

Lalu bagaimana dengan perbandingan antara Iqlab dan Ikhfa Syafawi? Kedua hukum bacaan, baik Iqlab dan Ikhfa Syafawi, sama-sama dalam hal makhraj dan pengucapan yakni sama-sama dibaca mim sukun. Perbedaannya adalah

Pertama : Mim Sukun dalam hukum bacaan Ikhfa Syafawi adalah Mim Sukun asli, sedangkan Mim Sukun dalam hukum bacaan Iqlab adalah pembalikan atau pergantian dari nun sukun atau tanwin menjadi Mim Sukun.

Kedua : Para Ulama Tajwid sepakat dalam cara membaca hukum bacaan Iqlab, sedangkan dalam hukum bacaan Ikhfa Syafawi para Ulama Tajwid berbeda pendapat mengenai cara membaca nya.

Berikut contoh hukum bacaan Iqlab dalam QS As-Syams ayat 14 :
  فَكَذَّبُوهُ فَعَقَرُوهَا فَدَمْدَمَ عَلَيْهِمْ رَبُّهُم بِذَنبِهِمْ فَسَوَّاهَا
Berikut contoh hukum bacaan Ikhfa Haqiqi dalam QS Al-Kafirun ayat 3 :
 وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
Berikut contoh hukum bacaan Ikhfa Syafawi dalam QS Al-Alaq ayat 14 :
 أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَىٰ

Demikian artikel singkat mengenai "Persamaan dan Perbedaan Antara Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi". Semoga bermanfaat.,,

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon