10 Sebutan atau Laqab Huruf Hijaiah dan Sebabnya

10 Sebutan atau Laqab Huruf Hijaiah dan Sebabnya -

Setelah mengetahui mahkraj atau tempat keluar nya huruf hijaiah, telah populer sebutan-sebutan (alqab) kelompok huruf-huruf hijaiah berdasarkan makhraj atau tempat keluarnya. Setidaknya ada 10 laqab huruf hijaiah.

Kesepuluh laqab huruf hijaiah ini, menurut Ibn Jazari, diberikan oleh Khalil ibn Ahmad Al-Farahidi dan populer atau dipakai hingga sekarang. Apa saja ke-10 sebutan atau laqab huruf hijaiah? Dan apa sebabnya dinamakan atau disebut demikian?



1. Halqiyyah (Halqi)

Huruf-huruf Halqiyyah atau biasa disebut huruf Halqi diberikan kepada huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan. Halqi artinya tenggorokan. Huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan berjumlah 6 huruf sebagai berikut ini:

ء ، ه ، ع ، غ ، ح ، خ

Sebutan huruf-huruf Halqiyyah, sudah sangat populer dan dipakai dalam penamaan salah satu hukum bacaan dalam bab Nun Sukun dan Tanwin, yaitu hukum bacaan Idzhar Halqi.

2. Dzalqiyyah

Dzalqiyyah secara bahasa artinya ujung lidah. Sebutan huruf-huruf Dzalqiyyah ditujukan untuk kelompok huruf yang keluar dari makhraj ujung lidah yaitu huruf nun, lam, dan ro.

3. Syafahiyyah

Syafahiyyah artinya (sebangsa) bibir. Sebutan huruf-huruf Syafahiyyah diperuntukkan kepada huruf-huruf yang keluar dari makhraj bibir. Huruf-huruf yang keluar dari makhraj bibir berjumlah 4 huruf yaitu huruf fa, wawu, ba, dan mim.

4. Jawfiyyah

Jawfiyyah sama dengan Jawf (Jauf) yang artinya rongga mulut. Huruf-huruf yang keluar dari rongga mulut atau Jauf hanya ditempati oleh huruf-huruf Mad yang jumlahnya ada tiga huruf Mad yaitu alif sebelumnya fathah, wawu sukun sebelumnya dhammah, dan ya sukun sebelumnya kasrah.

5. Hawa`iyyah

Hawa`iyyah sama dengan Hawa` yang berarti hembusan atau aliran udara. Maksudnya adalah huruf-huruf yang pengucapannya hanya dengan mengalirkan udara saja tanpa ada bantuan makhraj lainnya. Huruf-huruf Hawa`iyyah adalah huruf-huruf Mad atau sama dengan Jawfiyyah.

6. Litsawiyyah

Litsawiyyah berasal dari kata Litsah yang artinya gusi. Dinamakan Litsawiyyah karena dekatnya makhraj huruf-huruf nya dengan gusi. Huruf-huruf Litsyawiyyah berjumlah 3 yaitu dzo, dzal, dan tsa. Penamaan Litsawiyyah bukan berarti makhraj ketiga huruf tadi adalah gusi, melainkan sangat dekat dengan gusi.

7. Lahawiyyah

Lahawiyyah diambil dari kata Lahat yang artinya anak tekak atau katup nafas. Dinamakan Lahawiyyah karena dekatnya makhraj huruf-hurufnya dengan letak katup nafas yang berada di pangkal lidah. Huruf-hurufnya ada dua yaitu kaf dan qaf.

8. Syajriyyah

Syajriyyah diambil dari kata Syajarah yang artinya pohon. Yang dimaksud adalah pohon bibir yakni lidah. Atau dengan kata lain pertengahan lidah. Huruf-huruf yang makhraj atau tempat keluarnya di tengah lidah ada 3 huruf yaitu jim, syin, dan ya.

9. Asaliyyah

Asaliiyah berasal dari kata asalat atau asalat lisan. Apa itu asalat lisan? Ialah sesuatu yang runcing dari ujung kepala lidah. Huruf-huruf Asaliyyah adalah huruf-huruf yang keluar dari ujung kepala lidah yaitu huruf sin, zay, dan shad.

10. Nith'iyyah

Terakhir adalah Nith'iyyah. Yang dimaksud dengan Nith'iyyah adalah sejenis kulit yang terletak di atas gusi. Dinamakan Nithi'yyah karena mahkraj huruf-hurufnya sangat dekat dengan kulit atas gusi. Huruf-hurufnya adalah ta, dal, dan tha.

Sumber:
Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon