Makhraj Halqi Lengkap

Makhraj Halqi Lengkap -

Salah satu anggota tubuh yang merupakan tempat keluar atau makhraj huruf hijaiah adalah tenggorokan. Dalam bahasa Arab, tenggorokan berarti Halqi atau Halaq. Huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan berjumlah 6 huruf.

Apa saja huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan? Sebagaimana disebutkan dalam Matan Jazari, keenam huruf Halqi adalah sebagai berikut ini

ء ، ه ، ع ، غ ، ح ، خ

Dari keenam huruf di atas, masing-masing memiliki makhraj yang berbeda sekalipun sama-sama dalam tenggorokan. Setidaknya, tenggorokan terbagi menjadi 3 bagian dan terdapat 3 makhraj yaitu Aqsa al-Halqi, Wasath al-Halqi, dan Adna al-Halqi.

Aqsa al-Halqi

Aqsa al-Halqi terdiri dari dua kata yaitu Aqsa dan al-Halqi. Aqsa artinya pangkal, sedangkan al-Halqi artinya tenggorokan. Dimana letak pangkal tenggorokan? Jika dilihat dari gambar di bawah ini, bisa dikatakan pangkal tenggorokan adalah tenggorokan bagian bawah.

Dalam matan Jazari disebutkan berikut ini

ثُـمَّ لأَقْصَـى الْحَـلْـقِ هَـمْـزٌ هَــاءُ
 kemudian ke bagian pangkal tenggorokan terdapat hamzah dan ha
Image source : celikalquran.com
Huruf-huruf yang keluar dari pangkal tenggorokan adalah huruf Ha dan hamzah. Keduanya memiliki makhraj yang sama yakni Aqsa al-Halqi atau pangkal tenggorokan. Bisa dikatakan bahwasanya huruf Ha dan hamzah termasuk huruf Mutajanisain (dua huruf yang sama makhraj nya).

Wasath al-Halqi

Wasath al-Halqi terdiri dari dua kata yaitu Wasath dan al-Halqi. Wasath artinya tengah, sedangkan al-Halqi artinya tenggorokan. Dimana letak tenggorokan bagian tengah? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar di atas.

Dalam matan Jazari disebutkan berikut ini

ثُــمَّ لِـوَسْـطِـهِ فَـعَـيْـنٌ  حَـــاءُ
kemudian ke bagian tengah tenggorokan maka ain dan ha

Huruf-huruf yang keluar dari tengah tenggorokan adalah huruf ain dan ha. Keduanya memiliki makhraj yang sama yakni Wasath al-Halqi atau tengah tenggorokan. Bisa dikatakan juga bahwasanya huruf ain dan ha termasuk huruf Mutajanisain (dua huruf yang sama makhraj nya)

Adna al-Halqi

Adna al-Halqi terdiri dari dua kata yaitu Adna dan al-Halqi. Adna artinya dekat atau rendah, sedangkan al-Halqi artinya tenggorokan. Dimana letak rendah tenggorokan? Jika melihat gambar di atas, maka ia adalah tenggorokan bagian atas atau dekat dengan lidah.

Dalam matan Jazari disebutkan berikut ini

أَدْنَــاهُ غَـيْـنٌ خَـاؤُهَـا
bagian dekat tenggorokan adalah ghain dan kha

Huruf-huruf yang keluar dari rendah tenggorokan adalah huruf ghain dan kha. Keduanya memiliki makhraj yang sama yakni Adna al-Halqi atau rendah tenggorokan. Bisa dikatakan juga bahwasanya huruf ghain dan kha termasuk huruf Mutajanisain (dua huruf yang sama makhraj nya).

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon