Makhraj Jauf Lengkap

Makhraj Jauf Lengkap -

Salah satu bagian tubuh yang juga merupakan tempat keluarnya (Makhraj) huruf hijaiah adalah Jauf. Jauf dalam bahasa Indonesia ada yang mengartikan sebagai rongga mulut atau juga ada yang mengartikan sebagai ruang mulut.

Makhraj Jauf juga merupakan satu-satu makhraj yang juga disebut sebagai makhraj muqaddar. Makhraj Muqaddar adalah tempat keluar huruf hijaiah yang tidak dapat dipastikan di anggota tubuh bagian mana ia bersandar, baik lidah, tenggorokan, maupun bibir.


Apa saja huruf-huruf hijaiah yang keluar dari rongga mulut? Huruf-huruf yang keluar dari Jauf (rongga mulut) adalah huruf Alif. Meskipun yang disebut hanya alif, maksud dari penyebutan kata alif adalah huruf-huruf Mad.

Sehingga ada yang mengatakan huruf-huruf yang keluar dari rongga mulut ada 3 (huruf-huruf Mad) yaitu alif yang didahului fathah, ya' sukun yang didahului kasrah, dan wawu sukun yang didahului dhammah. Ketiganya merupakan huruf-huruf Mad.

Ada juga yang cukup menyebut huruf-huruf yang keluar dari rongga mulut ada 1 yakni huruf Mad, termasuk alif. Mana yang benar? Hemat penulis, dua-duanya sama saja, yang terpenting difahami adalah maksudnya.

Cara mengeluarkan huruf yang makhraj nya berasal dari Jauf adalah cukup mengalirkan nafasnya saja, karena pada dasarnya makhraj Jauf merupakan perpanjangan suara sehingga mengalir nafasnya dari rongga hingga keluar.

Dalam syair matan Ibnu Jazari disebutkan

فَأَلِـفُ الـجَـوْفِ وأُخْتَـاهَـا  وَهِــي حُــرُوفُ مَــدٍّ لِلْـهَـوَاءِ تَنْـتَـهِـي

Maka pada rongga (termasuk rongga tenggorokan hingga rongga mulut) terdapat Alif dan saudari-saudarinya yakni huruf-huruf mad ang berhenti seiring dengan berhentinya nafas.

Menyebut alif bukan berarti hanya huruf alif saja, melainkan alif adalah representasi atau perwakilan dari huruf-huruf Mad lainnya. Dalam hal ini, wawu mad (wawu sukun yang didahului dhammah) dan ya mad (ya sukun yang didahului kasrah) juga keluar dari makhraj Jauf. Semoga bermanfaat.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon