Contoh Nun Wiqayah atau Nun Washal di Juz 30

Contoh Nun Wiqayah atau Nun Washal di Juz 30 -

Dalam kategori "Contoh", penulis akan memaparkan atau memberikan contoh-contoh mengenai hukum bacaan atau uraian tajwid suatu ayat. Kali ini adalah contoh hukum bacaan Nun Wiqayah atau Nun Washal. Para pembaca juga bisa request contoh hukum bacaan berikutnya dengan cara berkomentar.

Dalam contoh hukum bacaan Nun Wiqayah kali ini, penulis mulai dari hukum bacaan Nun Wiqayah yang ada di juz 30 atau biasa disebut juz Amma. Dipilih dari Juz Amma terlebih dahulu, agar para pembaca lebih mudah mencari nya. Di samping itu, penulis sudah membuat artikel berjudul "25 Contoh Nun Wiqayah di dalam al-Quran". Contoh lainnya bisa dilihat klik di sini.

Hukum bacaan Nun Wiqayah adalah menambahkan bunyi nun berharakat kasrah sebagai pencegah agar tidak terjadinya pertemuan dua sukun. Atau dengan kata lain, Nun Wiqayah, yang berupa nun berharakat kasrah, akan muncul apabila tanwin bertemu hamzah washal.

Cara membaca Nun Wiqayah adalah dengan mengganti tanwin nya menjadi harakat biasa, lalu setelahnya muncul nun berharakat kasrah. Selain disebut Nun Wiqayah, juga bisa disebut Nun Washal atau Nun Shilah. Dalam Mushaf Standar Indonesia, Nun Wiqayah diberi tanda nun kecil. Sedangkan Mushaf Madinah, tidak diberi tanda.

Contoh hukum bacaan Nun Wiqayah tidak banyak ditemukan di dalam al-Quran. Untuk mencari hukum bacaan Nun Wiqayah sendiri cukup sulit. Kunci utama mencari Nun Wiqayah adalah tanwin bertemu hamzah washal. Kunci lainnya tergantung mushafnya, misalnya Mushaf Standar Indonesia yang sudah memberikan nun kecil sebagai tanda Nun Wiqayah..

Berikut contoh hukum bacaan Nun Wiqayah dalam Juz 30 lengkap nama surat dan nomor ayat nya, serta diberi cara membaca nya dalam bentuk latin. Selama pembahasan contoh, penulis selalu menyajikan contoh dalam satu ayat. 


Namun khusus Nun Wiqayah yang ada di Juz 30, penulis sajikan contoh Nun Wiqayah dalam gabungan 2 ayat. Mengapa begitu? Karena tidak ada satu pun contoh Nun Wiqayah di Juz 30 dalam satu ayat yang ditemukan penulis.

Terdapat dua kata yang berwarna merah untuk menandakan ada bacaan Nun Wiqayah. Dan Nun Wiqayah yang ditemukan di Juz 30, semuanya gabungan antara 2 ayat. Dengan kata lain, akhir ayat pertama digabung (dibaca washal) dengan awal ayat kedua. 

Sekali lagi dicatat bahwa contoh Nun Wiqayah di Juz 30 hanya ada dalam bentuk gabungan 2 ayat, bukan contoh Nun Wiqayah dalam satu ayat

1. QS An-Nazi'at ayat 16-17 (thuwanidzhab)

إِذْ نَادَاهُ رَبُّهُ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى

اذْهَبْ إِلَىٰ فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَىٰ

2. QS Al-Alaq ayat 2-3 ('alaqiniqra')

خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ

اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ

3. QS Al-Humazah ayat 1-2 (lumazatinilladzi)

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ

الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ

4. QS Al-Ikhlash ayat 1-2 (ahadunillahu)

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

اللَّهُ الصَّمَدُ

Demikian artikel berjudul "Contoh Nun Wiqayah atau Nun Washal di Juz 30". Untuk contoh-contoh hukum bacaan lain, dapat Anda cari di blog ini atau di kategori Contoh. Para pembaca juga bisa request contoh hukum bacaan yang lain dengan cara berkomentar di bawah ini.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon