Mad Aridh Lissukun

Mad Aridh Lissukun -

Salah satu dari hukum bacaan Mad Far'i yang berkaitan dengan bacaan waqaf adalah Mad Aridh Lissukun (Mad Aridh Lis-Sukun atau Mad Aridh Li as-Sukun). Apa pengertian dari hukum bacaan Mad Aridh Lissukun? Apa saja contoh-contoh hukum bacaan Mad Aridh Lissukun? Dan apa pertanyaan-pertanyaan seputar Mad Aridh Lissukun? Berikut ulasannya.

Pengertian Mad Aridh Lissukun

Secara bahasa, Mad Aridh Lissukun (مَدُّ عَارِضٍ لِلسًّكُوْنِ) terdiri dari 3 kata yaitu Mad, Aridh, dan Lissukun. Mad artinya panjang atau memanjangkan. Aridh bermakna tiba-tiba atau baru muncul. Sedangkan Lissukun yang merupakan gabungan dari Li dan as-Sukun, artinya sebab sukun.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Aridh Lissukun adalah memanjangkan bunyi huruf mad yang bertemu dengan huruf sukun karena waqaf. Cara membaca hukum bacaan Mad Aridh Lissukun dengan dibaca panjang 2, 4, atau 6 harakat.

Contoh Mad Aridh Lissukun

Contoh-contoh hukum bacaan Mad Aridh Lissukun dapat dengan mudah ditemukan di al-Quran. Biasanya hukum bacaan Mad Aridh Lissukun terletak di akhir ayat. Kadang ditemui juga di tengah-tengah ayat asalkan syarat-syaratnya terpenuhi. 


Perhatikan contoh-contoh di bawah ini! Kata yang berwarna merah mengandung hukum bacaan Mad Aridh Lissukun. Masing-masing kata harus dibaca waqaf agar memenuhi syarat Mad Aridh Lissukun. Berikut contoh-contohnya:

1. QS An-Naba ayat 2
عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ

2. QS At-Takatsur ayat 5
كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ

3. QS Al-Buruj ayat 2
وَالْيَوْمِ الْمَوْعُودِ

Pertanyaan-Pertanyaan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan seputar hukum bacaan Mad Aridh Lissukun, yang mungkin juga merupakan pertanyaan para pembaca. Para pembaca atau pengunjung dapat mengajukan pertanyaan dengan cara menulis di kolom komentar.

Q : Berapa panjang hukum bacaan Mad Aridh Lissukun?
A : Panjang hukum bacaan Mad Aridh Lissukun adalah 2, 4, atau 6 harakat. Boleh memilih salah satu dari ketiga ukuran panjang. Dan harus konsisten ketika telah memilih salah satu dari ketiga ukuran panjang tersebut.

Q : Kenapa dinamakan Aridh Lissukun dalam hukum bacaan Mad Aridh Lissukun?
A : Aridh berarti tiba-tiba atau baru muncul. Dinamakan demikian karena hukum bacaan ini baru muncul atau terjadi jika memenuhi syaratnya. Dinamakan Lissukun karena syaratnya adalah sukun karena waqaf.

Penulis di beberapa situs pribadi. Situs ini memuat tulisan-tulisan tentang tajwid dan tilawah al-Quran. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon