Membaca Basmalah di Pertengahan Surat at Taubah?

Membaca Basmalah di Pertengahan Surat at Taubah? -

Para Ulama bersepakat tidak diperbolehkannya membaca basmalah (bismillahir rohmanir rohim) di awal surat at-Taubah. Ketika Qari' (pembaca al-Qur'an) ingin memulai bacaan (ibtida') dari awal surat at-Taubah, maka cukup membaca ta'awudz saja.

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana jika memulai membaca dari pertengahan surat at-Taubah? Apakah diperbolehkan membaca basmalah di pertengahan surat at-Taubah? Atau cukup membaca ta'awudz saja, sebagaimana awal surat at-Taubah?


Membaca Basmalah di Pertengahan Surat

Sebelum membahas hukum membaca basmalah di pertengahan surat at-Taubah, bagaimana hukum membaca basmalah di pertengahan surat? Dalam kitab al-Mufid fi Ilm at-Tajwid disebutkan bahwa membaca basmalah di pertengahan surat merupakan sebuah pilihan.



Dengan kata lain, apabila ingin memulai bacaan di pertengahan surat maka diperbolehkan membaca Basmalah atau tidak membaca Basmalah. Sementara itu di dalam kitab Taysir ar-Rahman fi Tajwid al-Qur'an disebutkan bahwa sunnah membaca basmalah di pertengahan surat selain surat at-Taubah.

Membaca Basmalah di Pertengahan Surat at-Taubah

Sementara itu, bagaimana dengan membaca basmalah di pertengahan surat at-Taubah? Apakah sama dengan larangan membaca basmalah di awal surat at-Taubah? Para ulama berbeda penpadat tentang hukum membaca basmalah di pertengahan surat at-Taubah.

Pendapat pertama mengatakan bahwa tidak boleh membaca basmalah di pertengahan surat at-Taubah sebagaimana dilarang membacanya di awal surat at-Taubah. Pendapat ini merupakan pendapat Imam al-Ja'bari.

Pendapat kedua mengatakan bahwa boleh membaca basmalah di pertengahan surat at-Taubah sebagaimana bolehnya membaca basmalah di pertengahan surat-surat selain at-Taubah.

Manakah pendapat yang paling rajih? Menurut kitab al-Mufid fi Ilm at-Tajwid, pendapat pertama merupakan pendapat paling rajih karena disamakan dengan ketidakbolehannya membaca basmalah di awal surat at-Taubah.

Penulis di beberapa situs pribadi. Situs ini memuat tulisan-tulisan tentang tajwid dan tilawah al-Quran. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon