22 Oktober 2022

Cara Membaca Ituni di Al-Ahqaf ayat 4 Lengkap

Cara Membaca Ituni di Al-Ahqaf ayat 4 Lengkap

Salah satu materi dari bacaan Gharaib at-Tajwid (Bacaan langka dalam Ilmu Tajwid) adalah cara membaca kata Iituunii yang terdapat dalam QS Al-Ahqaf ayat 4. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan QS Al-Ahqaf ayat 4 di bawah ini!

قُلۡ اَرَءَيۡتُمۡ مَّا تَدۡعُوۡنَ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ اَرُوۡنِىۡ مَاذَا خَلَقُوۡا مِنَ الۡاَرۡضِ اَمۡ لَهُمۡ شِرۡكٌ فِى السَّمٰوٰتِ‌ؕ اِیْتُوۡنِىۡ بِكِتٰبٍ مِّنۡ قَبۡلِ هٰذَاۤ اَوۡ اَثٰرَةٍ مِّنۡ عِلۡمٍ اِنۡ كُنۡتُمۡ صٰدِقِيۡنَ

Kata iituuni (yang berwarna merah) masuk dalam permasalahan bacaan Gharib karena disebabkan adanya perbedaan cara membaca kata tersebut antara membaca washal (sambung) dan waqaf (berhenti). Dapat dibaca washal maupun waqaf karena sebelumnya terdapat tanda waqaf yang memperbolehkan lanjut.

Cara Membaca Iituunii

Cara membaca Iituunii ada 2 macam tergantung kondisinya yaitu dibaca washal (sambung) dan waqaf (berhenti). Yang dimaksud dibaca washal adalah meneruskan atau menyambung bacaan Iituunii dengan sebelumnya. Cara membacanya adalah fis-Samawati'tuunii.

فِى السَّمٰوٰتِ ائْتُوْنِيْ

Yang dimaksud dibaca waqaf adalah berhenti atau tidak menyambung bacaan Iituuni dengan sebelumnya. Dengan kata lain, awal membaca (ibtida) dimulai dari kata Iituuni. Cara membacanya adalah fis-Samaawaat (waqaf) Iituunii.

فِى السَّمٰوٰتِ‌ؕ اِیْتُوۡنِىۡ

Sebab-Sebab

Perbedaan cara membaca Ituni ini terjadi karena adanya Hamzah Washal yang bertemu Hamzah sukun. Hamzah washal terbaca hanya ketika ia berada di awal bacaan (ibtida). Sebaliknya, hamzah washal tidak terbaca jika ia tidak di awal bacaan. 

Berikut alur perubahan dari cara baca washal (ائْتُوْنِيْ) ke cara waqaf (اِیْتُوۡنِىۡ) :

1. Hamzah washal diberi harakat karena ia dibaca di awal (ibtida). Pemilihan harakatnya mengikuti harakat huruf ketiga.

2. Hamzah washal diberi harakat kasrah karena huruf ketiga (huruf Ta) asalnya berharakat kasrah. Namun karena perubahan dalam kaidah sharaf, maka huruf Ta berubah harakat menjadi dhammah.

3. Hamzah berubah karena kaidah Mad Badal yaitu apabila ada dua hamzah dimana hamzah pertama berharakat dan hamzah kedua sukun maka hamzah kedua diganti atau berubah.

4. Hamzah diganti ya karena diubah menjadi huruf huruf Mad yang sesuai dengan harakat hamzah pertama.


Pertanyaan-Pertanyaan

Selanjutnya adalah pertanyaan-pertanyaan seputar cara membaca Ituni di QS Al-Ahqaf ayat 4. Berikut ini pertanyaan dan jawabannya. Para pembaca juga bisa mengirimkan pertanyaan atau berkomentar mengenai pertanyaan yang ada.

Q : Bagaimana kata Ituni tertulis dalam Mushaf? Apakah tertulis mode washal atau waqaf? 
A : Dalam mushaf Indonesia, kata Ituni tertulis mode washal (ائْتُوْنِيْ). Hal ini dikarenakan waqafnya merupakan waqaf al-Washl Awla yang berarti lebih baik lanjut jika kuat nafasnya dan apabila berhenti maka tidak perlu mengulang.

Q : Hukum apa yang terdapat dalam Ituni?
A : Jika dibaca washal, maka tidak ada hukum tajwid. Namun jika dibaca waqaf, maka terjadi perubahan yang dimaksud sebelumnya dan memiliki hukum Mad Badal

Q : Apakah kasus Ituni hanya ada di QS Al-Ahqaf ayat 4?
A : Perubahan mad Badal pada dasarnya tidak hanya terjadi di QS Al-Ahqaf ayat 4 namun juga di berbagai tempat dalam Al-Qur'an selama kondisi dan syaratnya terpenuhi. Pembahasan perubahan Mad badal dalam QS Al-Ahqaf ayat 4 ini disorot karena ia terdapat tanda waqaf.
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon