12 Januari 2023

Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain di Juz 29

Dalam bab Idgham  terbagi menjadi tiga yaitu  Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain. Dan contoh-contoh dari ketiga hukum Idgham tersebut dapat ditemukan di banyak tempat. Namun bila diperinci per juz, maka ada yang sedikit ada yang banyak.

Dalam kategori contoh kali ini, penulis berusaha mencari contoh dari ketiga hukum Idgham baik Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain. Ketiga hukum Idgham tersebut akan dicari contohnya di juz 29 atau juz Tabarak.

Apa saja contoh-contoh Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain yang ada di juz 29? Ada berapa banyak contohnya? Dan huruf apa bertemu dengan huruf apa? Berikut contoh Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain yang ada di Juz 29.

Idgham Mutamatsilain Juz 29

Idgham Mutamatsilain ialah bertemunya dua huruf yang sama (sama makhraj dan sifat) dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua berharakat. Maka cara membacanya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Jika ditelusuri, terdapat beberapa contoh Idgham Mutamatsilain yang ada dalam Juz 29 yaitu :

1. QS Al-Mulk ayat 21 (lam sukun bertemu lam)

أَمَّنْ هَٰذَا ٱلَّذِى يَرْزُقُكُمْ إِنْ أَمْسَكَ رِزْقَهُۥ ۚ بَل لَّجُّوا۟ فِى عُتُوٍّ وَنُفُورٍ

2 dan 3. QS Nuh ayat 12 (lam sukun bertemu lamlam sukun bertemu lam)

وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا

4. QS Al-Muddatstsir ayat 53 (lam sukun bertemu lam)

كَلَّا ۖ بَل لَّا يَخَافُونَ ٱلْءَاخِرَةَ

Idgham Mutajanisain Juz 29

Idgham Mutajanisain adalah bertemunya dua huruf yang sejenis (sama makhraj berbeda sifat) dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua berharakat. Maka cara memabcanya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Dalam juz 29, hanya dapat ditemukan satu contoh Idgham Mutajanisain yaitu

1. QS Al-Muddatstsir ayat 14 (dal sukun bertemu ta)

وَمَهَّدتُّ لَهُۥ تَمْهِيدًا

Idgham Mutaqaribain Juz 29

Idgham Mutaqaribain adalah bertemunya dua huruf yang berdekatan (dekat makhraj dan sifat) dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua berharakat. Maka cara membacanya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Dalam juz 29, hanya dapat ditemukan satu contoh Idgham Mutaqaribain yaitu :

1. QS Al-Mursalat ayat 20 (qaf sukun bertemu kaf)

أَلَمْ نَخْلُقكُّم مِّن مَّآءٍ مَّهِينٍ

Demikian artikel berjudul "Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain di Juz 29". Untuk contoh-contoh hukum bacaan lain, dapat Anda cari di blog ini atau di kategori Contoh atau klik di sini. Para pembaca juga bisa request contoh hukum bacaan yang lain dengan cara berkomentar di bawah ini.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon