27 Maret 2023

Makhraj dan Sifat Huruf Jim, Syin, dan Ya

Setelah membahas segmen makhraj sifat berdasarkan topiknya, kali ini segmen makhraj sifat berfokus pada hurufnya. Yaitu akan dijelaskan di mana letak makhraj suatu huruf serta akan dipaparkan apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas tiga huruf yaitu huruf Jim (ج), huruf Syin, (ش) dan huruf Ya (ي). Dipilihnya ketiga huruf tersebut karena keduanya sama-sama memiliki tempat keluar yang sama, tetapi sifatnya berbeda. Penjelasannya sebagai berikut ini :

Makhraj dan Sifat Huruf Jim (ج)

1. Makhraj Huruf Jim (ج)

Huruf Jim (ج) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Jim terletak pada tengah lidah yang menempel ke langit-langit mulut. Makhraj huruf jim ini serupa dengan huruf Syin dan huruf Ya.

2. Sifat Huruf Jim (ج)

Huruf Jim (ج) memiliki 6 (enam) sifat yaitu Jahr, Syiddah, Istifal, Infitah, Ishmat, dan Qalqalah. Membaca huruf jim tidak boleh dihembuskan anginnya karena ia memiliki sifat Jahr. Terkait suara, mengucapkannya dengan menghentikan suara.

Selain itu, huruf jim dibaca tipis karena ia memiliki sifat Istifal dan Infitah. Saat keadaan sukun, huruf jim memiliki sifat tambahan berupa pantulan suara yang dinamakan Qalqalah. Pantulannya tetap menyesuaikan dengan sifat tipisnya.

Untuk melatih pengucapan huruf Jim, silakan membaca QS Al-Qashash ayat 27 di bawah ini :

قَالَ إِنِّىٓ أُرِيدُ أَنْ أُنكِحَكَ إِحْدَى ٱبْنَتَىَّ هَٰتَيْنِ عَلَىٰٓ أَن تَأْجُرَنِى ثَمَٰنِىَ حِجَجٍ ۖ فَإِنْ أَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِندِكَ ۖ وَمَآ أُرِيدُ أَنْ أَشُقَّ عَلَيْكَ ۚ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Makhraj dan Sifat Huruf Syin (ش)

1. Makhraj Huruf Syin (ش)

Huruf Syin (ش) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Syin terletak pada tengah lidah yang menempel ke langit-langit mulut. Makhraj huruf jim ini serupa dengan huruf Jim dan huruf Ya.

2. Sifat Huruf Syin (ش)

Huruf Syin memiliki 6 (enam) sifat yaitu Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, dan Tafasysyi. Saat mengucapkan huruf Syin, harus dengan mengalirkan hembusan angin (Hams) serta mengalirkan suara (Rakhawah).

Begitu pula, ia dibaca dengan tipis bukan tebal karena memiliki sifat Istifal dan Infitah. Sementara itu, huruf Syin memiliki sifat khusus yang tidak dimiliki oleh huruf-huruf lainnya yaitu Tafasysyi. Caranya adalah dengan menyebarkan angin memutar-mutar di dalam mulut.

Untuk melatih pengucapan huruf Syin, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 150 di bawah ini :

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُۥ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ إِلَّا ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِى وَلِأُتِمَّ نِعْمَتِى عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Makhraj dan Sifat Huruf Ya (ي)

1. Makhraj Huruf Ya (ي)

Huruf Ya secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Ya terletak pada tengah lidah yang menempel ke langit-langit mulut. Makhraj huruf Ya ini serupa dengan huruf Syin dan huruf Jim.

2. Sifat Huruf Ya (ي)

Huruf Ya (ي) memiliki 6 (enam) sifat yaitu Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, dan Lin. Dengan kata lain, huruf Ya diucapkan tanpa mengalirkan hembusan angin (Jahr) dan dengan mengalirkan suara saat diucapkan (Rakhawah).

Selain itu, saat melantunkan huruf Ya tanpa ada suara tebal karena memiliki sifat Istifal. Jika sebelum Ya sukun terdapat huruf berharakat fathah, maka pengucapan huruf Ya terlihat lembut atau lunak (Lin) sebagaimana juga kasus yang sama dengan huruf Wawu.

Untuk melatih pengucapan huruf Ya, silakan membaca QS Al-Furqan ayat 49 di bawah ini :

لِّنُحْۦِىَ بِهِۦ بَلْدَةً مَّيْتًا وَنُسْقِيَهُۥ مِمَّا خَلَقْنَآ أَنْعَٰمًا وَأَنَاسِىَّ كَثِيرًا

Wallahu a'lam...

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon