7 Maret 2023

Makhraj dan Sifat Huruf Kaf dan Qaf

Setelah membahas segmen makhraj sifat berdasarkan topiknya, kali ini segmen makhraj sifat berfokus pada hurufnya. Yaitu akan dijelaskan di mana letak makhraj suatu huruf serta akan dipaparkan apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas dua huruf yaitu huruf Qaf (ق) dan huruf Kaf (ك). Dipilihnya kedua huruf tersebut karena keduanya sama-sama berada di pangkal lidah, tetapi makhraj keduanya berbeda. Penjelasannya sebagai berikut ini :

Makhraj dan Sifat Huruf Qaf (ق)

1. Makhraj Huruf Qaf (ق)

Huruf Qaf (ق) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Qaf terletak di pangkal lidah bagian belakang. Berdekatan dengan huruf Kaf yang keluar dari pangkal lidah bagian depan.

2. Sifat Huruf Qaf (ق)

Huruf Qaf memiliki 6 (enam) sifat yaitu Jahr, Syiddah, Isti'la, Infitah, Ishmat, dan Qalqalah. Huruf Qaf memiliki sifat Jahr artinya pengucapannya tanpa mengalirkan hembusan udara. Ia juga dibaca tebal karena memiliki sifat Isti'la.

Salah satu sifat yang menjadi ciri khas huruf Qaf adalah sifat Qalqalah. Dengan kata lain, huruf Qaf dibaca memantul. Pantulannya juga jika dikombinasikan dengan isti'la sehingga bunyi pantulannya menjadi tebal.

Untuk melatih pengucapan huruf Qaf, silakan membaca QS Fussilat ayat 25 di bawah ini

وَقَيَّضْنَا لَهُمْ قُرَنَاۤءَ فَزَيَّنُوْا لَهُمْ مَّا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَحَقَّ عَلَيْهِمُ الْقَوْلُ فِيْٓ اُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِمْ مِّنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِۚ اِنَّهُمْ كَانُوْا خٰسِرِيْنَ

Makhraj dan Sifat Huruf Kaf (ك)

1. Makhraj Huruf Kaf (ك)

Huruf kaf (ك) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Kaf terletak di pangkal lidah bagian depan. Berlawanan dengan huruf Qaf yang keluar dari pangkal lidah bagian belakang.

2. Sifat Huruf Kaf (ك)

Huruf kaf (ك) memiliki 5 (lima) sifat yaitu Hams, Syiddah, Istifal, Infitah, dan Ishmat. Huruf Kaf merupakan salah satu huruf yang memiliki sifat berlainan antara sifat kuat (Syiddah) dan sifat lemah (Hams), sehingga pengucapannya tidak satu waktu saat dalam keadaan sukun.

Saat sukun, huruf Kaf dibaca Syiddah terlebih dahulu, lalu kemudian ditampakkan sifat Hams nya. Selain itu, huruf Kaf juga memiliki sifat Istifal dan Infitah sehingga ia selalu dibaca dengan tipis. Bukan dibaca tebal seperti huruf Qaf.

Untuk melatih pengucapan huruf Kaf, silakan membaca QS Al-A'raf ayat 2 di bawah ini :

كِتٰبٌ اُنْزِلَ اِلَيْكَ فَلَا يَكُنْ فِيْ صَدْرِكَ حَرَجٌ مِّنْهُ لِتُنْذِرَ بِهٖ وَذِكْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ

Wallahu a'lam...
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon