22 Agustus 2023

Nun Washal atau Nun Kecil di Mushaf Indonesia

Pernahkah Anda melihat tanda nun kecil yang berada di dalam Mushaf Standar Indonesia? Biasanya nun kecil itu diletakan di bawah alif, kadang-kadang diberi harakat kasrah dan kadang-kadang tidak diberi harakat. Apa sebenarnya nun kecil itu? Dan apa fungsinya?


Pengertian

Secara bahasa, washal artinya sambung. Secara istilah, nun washal yang berada di dalam Mushaf Standar Indonesia adalah nun kecil yang muncul ketika tanwin bertemu huruf sukun dan di antara keduanya terdapat hamzah washal.

Hamzah washal merupakan hamzah yang diletakkan untuk membantu menyambungkan bacaan. Kenapa membantu? Karena huruf awalannya sukun. Dengan adanya hamzah washal, maka baru diikuti huruf sukun. Nun kecil diberi nama nun washal karena diletakkan di hamzah washal.

Fungsi

Apa fungsi dari nun kecil atau nun washal ini? Fungsinya agar memudahkan masyarakat dalam membaca al-Qur'an. Nun Washal atau Nun Kecil ini merupakan tanda baca. Nun kecil selalu dibaca kasrah. Namun untuk pemberian harakat, Mushaf Standar Indonesia memiliki beberapa ketentuan, di antaranya adalah

1. Jika tanwinnya merupakan dhammatain dan kasratain, maka tanwin diganti harakat biasa yaitu dhammah dan kasrah. Sedangkan untuk nun washalnya diberi harakat kasrah.


2. Jika tanwinnya merupakan fathatain, maka tanwinnya tetap tidak berubah. Sedangkan nun washalnya tidak diberi harakat. Namun ada pengecualian. Jika fathatain-nya berada di atas ta' marbuthah, maka kembali ke kaidah pertama.


3. Bagaimana jika di akhir ayatnya merupakan tanwin, sedangkan awal ayat berikutnya adalah hamzah washal? Maka mengikuti klasifikasi tanda waqaf Mushaf Standar Indonesia yang terbagi ke dalam dua macam. Demikian. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam..

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon