4 Desember 2023

Makhraj dan Sifat Huruf Ha dan Kha

Setelah mempelajari makhraj dan sifat sesuai urutan pembagiannya, kali ini segmen makhraj sifat berfokus pada pembahasan setiap hurufnya. Dengan kata lalin, akan dijelaskan di mana letak makhraj suatu huruf serta akan dipaparkan apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas dua huruf yaitu huruf Ha (ح) dan Kha (خ). Dipilihnya kedua huruf tersebut karena secara tulisan mirip dan sama-sama keluar dari anggota tubuh berupa tenggorokan atau biasa disebut al-Halq, namun posisi tenggorokannya berbeda. Penjelasannya sebagai berikut :

Makhraj dan Sifat Huruf Ha (ح)

1. Makhraj Huruf Ha (ح)

Huruf Ha (ح) secara umum merupakan huruf yang keluar dari tenggorokan (al-Halq). Sedangkan secara khusus, Huruf ha ini keluar dari tenggorokan bagian tengah atau biasa disebut dengan Wasath al-Halq. Makhraj huruf ha ini mirip dengan huruf ain. 

2. Sifat Huruf Ha (ح)

Huruf ha memiliki 5 sifat yaitu :

  1. Hams : Huruf dibaca dengan mengalirkan hembusan angin
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengalirkan suara
  3. Istifal : Huruf dibaca dengan menurunkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat diketahui bahwa huruf ha tidak boleh dibaca memantul, tebal, maupun tanpa aliran suara. Kesalahan yang biasa terjadi saat pengucapan huruf ha adalah jika ia berdekatan dengan huruf ha (ه).

Untuk melatih pengucapan huruf ha baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 96 di bawah ini dengan memperhatikan huruf ha baik kondisi berharakat maupun sukun :

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ ٱلنَّاسِ عَلَىٰ حَيَوٰةٍ وَمِنَ ٱلَّذِينَ أَشْرَكُوا۟ ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِۦ مِنَ ٱلْعَذَابِ أَن يُعَمَّرَ ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِمَا يَعْمَلُونَ

Makhraj dan Sifat Huruf Kha (خ)

1. Makhraj Huruf Kha (خ)

Huruf Kha (خ) secara umum merupakan huruf yang keluar dari tenggorokan (al-Halq). Sedangkan secara khusus, Huruf kha ini keluar dari tenggorokan bagian atas atau biasa disebut dengan Adna al-Halq (tenggorokan yang dekat dengan mulut). Makhraj huruf kha ini mirip dengan huruf ghain.

2. Sifat Huruf Kha (خ)

Huruf kha memiliki 5 sifat yaitu :

  1. Hams : Huruf dibaca dengan mengalirkan hembusan angin
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengalirkan suara
  3. Istifal : Huruf dibaca dengan menurunkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat diketahui bahwa huruf kha tidak boleh dibaca memantul, tebal, maupun tanpa aliran suara. Kesalahan yang biasa terjadi saat pengucapan huruf kha adalah ia tidak terbaca dengan serak atau terlalu berlebihan seraknya.

Untuk melatih pengucapan huruf kha baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 85 di bawah ini dengan memperhatikan huruf kha baik kondisi berharakat maupun sukun :

ثُمَّ أَنتُمْ هَٰٓؤُلَآءِ تَقْتُلُونَ أَنفُسَكُمْ وَتُخْرِجُونَ فَرِيقًا مِّنكُم مِّن دِيَٰرِهِمْ تَظَٰهَرُونَ عَلَيْهِم بِٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ وَإِن يَأْتُوكُمْ أُسَٰرَىٰ تُفَٰدُوهُمْ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيْكُمْ إِخْرَاجُهُمْ ۚ أَفَتُؤْمِنُونَ بِبَعْضِ ٱلْكِتَٰبِ وَتَكْفُرُونَ بِبَعْضٍ ۚ فَمَا جَزَآءُ مَن يَفْعَلُ ذَٰلِكَ مِنكُمْ إِلَّا خِزْىٌ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَيَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ يُرَدُّونَ إِلَىٰٓ أَشَدِّ ٱلْعَذَابِ ۗ وَمَا ٱللَّهُ بِغَٰفِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ

Demikian artikel singkat mengenai "Makhraj dan Sifat Huruf Ha dan Kha". Untuk pembahasan makhraj dan sifat huruf-huruf hijaiah lainnya, silakan klik di sini. Anda juga bisa request judul artikel dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon