27 Desember 2023

Makhraj dan Sifat Huruf Shad dan Dhad

Masih di segmen pembahasan makhraj dan sifat, pada kesempatan kali ini akan ditampilkan segmen makhraj sifat yang berfokus pada pembahasan masing-masing hurufnya. Dengan kata lain, akan dijelaskan di mana letak makhraj suatu huruf dan sifat-sifat apa saja yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas dua huruf yaitu huruf Shad (ص) dan Dhad (ض). Pemilihan kedua huruf tersebut karena secara tulisan mirip hanya berbeda titik dan sama-sama keluar dari anggota tubuh berupa lidah atau biasa disebut al-Lisan dalam bahasa Arab, namun posisi lidah keduanya berbeda.

Makhraj dan Sifat Huruf Shad (ص)

1. Makhraj Huruf Shad (ص)

Huruf Shad (ص) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, huruf shad ini keluar dari lidah bagian ujung atau biasa disebut dengan Tharf al-Lisan. Makhraj huruf shad ini mirip dengan huruf zay dan sin. 

2. Sifat Huruf Shad (ص)

Huruf shad memiliki 6 sifat yaitu :

  1. Hams : Huruf dibaca dengan mengalirkan hembusan angin
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengalirkan suara
  3. Isti'la : Huruf dibaca dengan mengangkat pangkal lidah
  4. Ithbaq : Huruf dibaca dengan menutup langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat
  6. Shafir : Huruf dibaca dengan tambahan desis

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat diketahui bahwa huruf shad tidak boleh dibaca tipis, memantul, maupun tanpa aliran suara. Kesalahan yang biasa terjadi saat pengucapan huruf shad adalah jika ia terbaca tipis sehingga menjadi huruf sin atau terlalu mencucu (memonyongkan bibir).

Salah satu sifat unik huruf Shad adalah Shafir, yaitu pengucapannya dengan mengeluarkan desis seolah-olah desisnya mirip dengan huruf angsa. Ada 3 huruf yang memiliki sifat Shafir yaitu huruf shad (desis suara angsa), huruf sin (desis suara belalang), dan huruf zay (desis suara lebah).

Untuk melatih pengucapan huruf shad baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca QS an-Nisa ayat 164 di bawah ini dengan memperhatikan huruf shad baik kondisi berharakat maupun sukun :

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَٰهُمْ عَلَيْكَ مِن قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ ٱللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا

Makhraj dan Sifat Huruf Dhad (ض)

1. Makhraj Huruf Dhad (ض)

Huruf Dhad (ض) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, huruf dhad ini keluar dari lidah bagian tepi atau biasa disebut dengan Hafat al-Lisan. Makhraj huruf dhad ini unik karena ia satu-satunya huruf tepi lidah yang ditempelkan dengan gigi geraham. 

2. Sifat Huruf Dhad (ض)

Huruf dhad memiliki 6 sifat yaitu :

  1. Hams : Huruf dibaca dengan mengalirkan hembusan angin
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengalirkan suara
  3. Isti'la : Huruf dibaca dengan mengangkat pangkal lidah
  4. Ithbaq : Huruf dibaca dengan menutup langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat
  6. Istithalah: Huruf dibaca dengan memanjangkan suara

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat diketahui bahwa huruf dhad tidak boleh dibaca tipis, tanpa aliran suara, maupun memantul. Kesalahan yang biasa terjadi saat pengucapan huruf dhad adalah jika ia terbaca mirip huruf dza (ظ) atau memantulkannya saat sukun.

Salah satu sifat unik dan hanya dimiliki oleh huruf dhad adalah sifat Istithalah yang secara bahasa berarti memanjang. Yang dimaksud dengan memanjang adalah saat mengucapkan huruf dhad, tepi lidah perlahan-lahan menempel dengan gigi geraham sehingga seolah-olah memanjang suaranya.

Untuk melatih pengucapan huruf dhad baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 26 di bawah ini dengan memperhatikan huruf dhad baik kondisi berharakat maupun sukun :

 إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَسْتَحْىِۦٓ أَن يَضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ فَيَقُولُونَ مَاذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِۦ كَثِيرًا وَيَهْدِى بِهِۦ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِۦٓ إِلَّا ٱلْفَٰسِقِينَ

Demikian artikel singkat mengenai "Makhraj dan Sifat Huruf Shad dan Dhad". Untuk pembahasan makhraj dan sifat huruf-huruf hijaiah lainnya, silakan klik di sini. Anda juga bisa request judul artikel dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon