22 Januari 2024

Tabel Sifat Huruf Hijaiah

Setelah mempelajari macam-macam sifat serta huruf-huruf yang memilikinya masing-masing per huruf, maka perlu untuk melihat seluruh sifat yang dimiliki semua huruf hijaiah untuk melihat gambaran singkat terkait sifat huruf hijaiah. 

Artikel ini memaparkan tabel sifat huruf hijaiah dengan beberapa variasi tabel yang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Tabel sifat ini memuat total 29 (dua puluh sembilan) huruf hijaiah yang memisah antara alif (huruf mad) dan hamzah.

Adapun sifat-sifat huruf yang dimasukkan terbagi menjadi 2 (dua) pembagian yaitu sifat yang berlawanan dan sifat yang tidak berlawanan. Total sifat dari kedua pembagian itu adalah 19 sifat huruf termasuk sifat Ghunnah (tanpa memasukkan sifat Khafa').

Sifat yang berlawanan memiliki 5 pasangan yaitu Jahr - Hams, Syiddah - Tawassut - Rakhawah, Isti'la - Istifal, Ithbaq - Infitah, dan Idzlaq - Ishmat. Khusus untuk tawassut adalah setengah atau pertengahan  antara sifat Syiddah dan Rakhawah.

Sifat yang tidak berlawanan adalah Shafir, Qalqalah, Inhiraf, Takrir, Tafasysyi, Istithalah, Lin, dan Ghunnah. Sifat yang tidak berlawanan ini hanya dimiliki oleh beberapa huruf saja dan juga menjadi ciri khas dari huruf tersebut.

Berikut ini 3 (tiga) tabel sifat huruf hijaiah yang disediakan oleh situs YatlunaHu dan bebas untuk dibagikan. Jika berkenan, silakan cantumkan kredit ke situs YatlunaHu saat membagikan tabel sifat huruf Hijaiah ini. Terima kasih...

Tabel Sifat Huruf Hijaiah - 1

Tabel Sifat Huruf Hijaiyah 1

Tabel sifat huruf hijaiah yang pertama berisi daftar huruf-huruf hijaiah yang di sampingnya dipaparkan sifat-sifatnya, sekaligus juga bisa dilihat jumlah sifat yang dimiliki huruf tersebut. Misalnya huruf Ro yang jumlah sifatnya penuh hingga 7 sifat. Selainnya ada yang 6 sifat dan 5 sifat.

Adapun sifat yang diberi warna biru adalah sifat-sifat berlawanan yang merupakan sifat kuat. Sebaliknya, sifat berlawanan yang tidak diberi warna adalah sifat yang lemah. Untuk sifat tidak berlawanan yang kuat tidak diberi warna apakah dia kuat maupun lemah.

Tabel Sifat Huruf Hijaiah - 2

Tabel Sifat Huruf Hijaiah 2

Tabel sifat huruf hijaiah yang kedua berisi daftar huruf hijaiah yang di sebelah kanannya terdapat daftar seluruh sifat dari sifat yang berlawanan dan tidak berlawanan. Sifat yang dimiliki sebuah huruf akan diberi centang dan berwarna merah.

Misalnya huruf Wawu memiliki sifat Jahr, maka sifat Jahr yang diberi centang sedangkan sifat Hams tidak diberi centang. Begitu pula pada sifat-sifat yang tidak berlawanan. Seluruh sifat-sifat ditulis dengan bahasa Arab.

Tabel Sifat Huruf Hijaiah - 3

Tabel Sifat Huruf Hijaiah 3

Berbeda dengan dua tabel sebelumnya, tabel sifat huruf hijaiah ketiga berisi daftar sifat-sifat yang di sebelah kanannya terdapat daftar huruf-hurufnya. Untuk sifat berlawanan dibuat berpasangan dan diberi warna yang berbeda.

Sifat berlawanan yang kuat diberi warna biru, sedangkan yang lemah diberi warna kuning. Sifat yang dimiliki sebuah huruf diberi kode warna biru atau kuning. Jika tidak ada warna di sifat berlawanan maka tidak termasuk sifat kuat atau lemah.

Adapun untuk sifat yang tidak berlawanan diberi kode warna hijau. Huruf-huruf yang memiliki warna hijau maka itulah sifat tidak berlawanan yang dimiliki huruf tersebut. Untuk melihat daftar sifatnya maka melihatnya dari huruf yang dituju ke bawah.

Demikian artikel singkat berjudul "Tabel Sifat Huruf Hijaiah". Jika ada masukan atau usulan terkait judul artikel berikutnya, silakan tuliskan di kolom komentar yang tersedia. Anda juga bisa kunjungi daftar lengkap situs ini dengan klik di sini. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon