12 Maret 2024

Macam-macam Mad Far'i

Bab Mad merupakan pembahasan ilmu Tajwid yang cukup panjang. Sesuai namanya, bab mad adalah bab yang membahas tentang cara membaca panjang dalam al-Qur'an dengan beragam versi panjangnya. Namun secara garis besar, mad terbagi menjadi dua yaitu Mad Asli (Mad Ashli) dan Mad Far'i.

Dalam kategori Mad Far'i juga terdapat beberapa hukum tajwid yang nantinya dikelompokkan lagi berdasarkan sebab-sebabnya. Mengetahui pembagian dan macam-macam Mad Far'i merupakan hal penting untuk mendalami hukum mad.


Artikel ini membahas macam-macam mad yang termasuk dalam kategori Mad Far'i, pengertiannya, dan contoh-contohnya. Untuk pembahasan lengkap per hukum mad, Anda dapat mengunjungi artikel-artikel pilihan dalam daftar isi tajwid atau KLIK DI SINI.

Pengertian Mad Far'i

Sebelum membahas macam-macam Mad Far'i, perlu dipahami pengertian atau definisi dari Mad Far'i. Apa itu Mad Far'i? Secara bahasa, Mad Far'i terdiri dari dua kata yaitu Mad dan Far'i. Mad atau Madd artinya panjang, sedangkan Far'i artinya bersifat cabang atau tambahan.

Secara istilah, Mad Far'i adalah Mad Zaidah (tambahan) yang mempertemukan antaran huruf-huruf mad dengan hamzah atau sukun sebagaimana dikutip dari kitab al-Mufid. Dalam kitab Ghayatul Murid, ditulis bahwa Mad Far'i adalah Mad tambahan dari Mad Ashli karena sebab-sebab tertentu. Berikut teks arabnya :

Kitab al-Mufid fi Ilm at-Tajwid

المد الذي كان بسبب التقاء احد حروف المد الثلاثة بهمز او سكون

Kitab Ghayatul Murid

هو المد الزائد على المد الاصلي لسبب من الاسباب

Dengan kata lain, Mad Far'i merupakan huruf mad yang bertemu dengan hamzah atau sukun misalnya seperti Mad Wajib Muttashil atau Mad Lazim. Tidak termasuk di dalam Mad Far'i yaitu Mad Iwadh maupun Mad Tamkin. Apalagi Mad Thabi'i yang termasuk Mad Ashli. 

Perbedaan Mad Far'i dan Mad Ashli

Lalu apa perbedaan antara Mad Far'i dengan Mad Ashli? Sebagaimana dipaparkan sebelumnya. Kunci perbedaan antara keduanya terletak pada bertemu sukun atau hamzah. Jika tidak bertemu sukun atau hamzah, maka itu merupakan Mad Ashli.

Kita ambil contoh Mad Iwadh. Mad Iwadh adalah memanjangkan fathah biasa yang menggantikan fathah tanwin ketika dibaca waqaf. Tidak ada sebab sukun atau hamzah. Kesimpulannya adalah Mad Iwadh bukan termasuk dari Mad Far'i.

Kita ambil contoh Mad Badal. Mad Badal adalah memanjangkan hamzah yang bertemu dengan huruf Mad yang merupakan ganti atau badal dari hamzah sukun. Di sini terdapat sebab hamzah. Kesimpulannya adalah Mad Badal termasuk dari Far'i.

Secara keseluruhan, macam-macam Mad Far'i adalah Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfashil (termasuk di dalamnya adalah Mad Shilah Thawilah), Mad Badal, Mad Aridh Lissukun (termasuk di dalamnya adalah Mad Lin), dan seluruh Mad Lazim. Semuanya dikelompokkan menjadi dua yaitu Mad Far'i sebab Hamzah dan Mad Far'i sebab sukun.

Mad Far'i Sebab Hamzah

Kelompok pertama Mad Far'i adalah Mad Far'i yang berkaitan dengan sebab hamzah. Secara umum terdapat 3 hukum bacaan yaitu Mad Muttashil, Mad Munfashil, dan Mad Badal. Secara khusus terdapat 4 yaitu Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfashil, Mad Shilah Thawilah, dan Mad Badal.

Mad Muttashil adalah memanjangkan huruf mad yang bertemu dengan huruf hamzah yang terdapat dalam satu kata. Mad Far'i ini dihukumi wajib sehingga disebut Mad Wajib Muttashil. Cara bacanya adalah dibaca panjang 4 harakat.

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَىٰ فَمَا رَبِحَتْ تِجَارَتُهُمْ وَمَا كَانُوا مُهْتَدِينَ

Mad Munfashil adalah memanjangkan huruf mad yang bertemu dengan huruf hamzah yang terdapat bukan dalam satu kata. Mad Far'i ini dihukumi jaiz sehingga disebut Mad Jaiz Munfashil. Cara bacanya adalah dibaca panjang 4 harakat.

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ

Mad Badal adalah memanjangkan huruf mad yang didahului oleh huruf hamzah. Dengan kata lain, Mad Badal adalah hamzah yang dibaca panjang. Mad Far'i ini dihukumi jaiz. Cara bacanya adalah dibaca panjang 2 harakat.

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ آمِنُوا

Mad Muttashil dan Mad Munfashil jelas merupakan Mad Far'i karena bertemu hamzah. Sedangkan Mad Badal tetap masuk Mad Far'i karena ia didahului hamzah yang ada juga membaca lebih dari dua harakat untuk qiraat lain. Untuk pembahasan lengkap per hukum mad, Anda dapat mengunjungi artikel-artikel pilihan dalam daftar isi tajwid atau KLIK DI SINI.

Mad Far'i Sebab Sukun

Kelompok kedua Mad Far'i adalah Mad yang disebabkan oleh sukun. Secara umum terdapat 2 hukum yaitu Mad Aridh Lissukun dan Mad Lazim. Secara khusus terdapat 6 hukum yaitu Mad Aridh Lissukun, Mad Lin, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, Mad Lazim Harfi Mukhaffaf, dan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal.

Mad Aridh Lissukun adalah memanjangkan huruf Mad yang bertemu dengan sukun karena waqaf. Ini mirip dengan Lin yang merupakan memanjangkan huruf Lin yang bertemu dengan sukun karena waqaf. Mad Far'i ini dihukumi jaiz. Cara bacanya adalah panjang 2, 4, atau 6 harakat.

عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ

Mad Lazim adalah memanjangkan huruf Mad yang bertemu dengan sukun asli yang berupa sukun atau tasydid, serta bisa dalam bentuk huruf maupun kata. Mad Far'i ini dihukumi Lazim sesuai namanya. Cara bacanya adalah panjang 6 harakat.

فَإِذَا جَاءَتِ الصَّاخَّةُ

Demikian artikel singkat berjudul "Macam-macam Mad Far'i". Untuk pembahasan lengkap per hukum mad, Anda dapat mengunjungi artikel-artikel pilihan dalam daftar isi tajwid atau KLIK DI SINI. Anda dapat merekomendasikan judul artikel dengan cara tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon