27 Maret 2024

Makhraj dan Sifat huruf Hamzah

Setelah mempelajari bab makhraj dan sifat sesuai urutan pembagiannya, pada kesempatan kali ini tema makhraj dan sifat lebih menitikberatkan fokusnya pada pembahasan masing-masing huruf. Dengan kata lain, pembahasan fokus di makhraj dan sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut, serta diakhiri dengan latihan pengucapannya.


Artikel ini akan membahas satu huruf saja yaitu huruf hamzah. Perlu diperhatikan bahwa hamzah berbeda dengan alif. Hamzah bisa tertulis sendiri (ء), alif (أ), ya (ئ), maupun wawu (ؤ). Lalu apa makhraj dan sifatnya? Penjelasannya sebagai berikut dan daftar isinya :


Makhraj Huruf Hamzah

Huruf Hamzah secara umum merupakan huruf yang keluar dari anggota tubuh berupa tenggorokan atau biasa disebut al-Halq. Sedangkan secara khusus, huruf hamzah adalah huruf yang keluar dari ujung tenggorokan atau tenggorokan bagian bawah yang biasa disebut Aqsa al-Halq.

Sebagaimana diketahui bahwasanya tenggorokan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas (pangkal), tengah, dan bawah (ujung). Tenggorokan bagian atas terdapat huruf kha dan ghain. Bagian tengah terdapat huruf ha dan ain. Bagian bawah terdapat huruf ha dan hamzah.

Sifat Huruf Hamzah

Adapun sifat-sifat yang dimiliki huruf hamzah jumlahnya ada 5 (lima), yaitu :

  1. Jahr : Huruf dibaca dengan menahan hembusan angin
  2. Syiddah : Huruf dibaca dengan menahan aliran suara
  3. Istifal : Huruf dibaca dengan menurunkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat dipahami bahwa huruf hamzah tidak boleh dibaca dengan tebal karena ia tidak memiliki sifat isti'la. Hamzah juga tidak memiliki sifat qalqalah sehingga cara bacanya saat sukun itu tidak boleh dipantulkan sebagaimana huruf qalqalah.

Huruf hamzah juga tidak boleh dibaca tashil atau ringan karena ia memiliki sifat syiddah, kecuali hanya beberapa tempat saja di dalam al-Qur'an menurut riwayat Hafsh. Dan tidak menyamakan bunyi huruf hamzah dengan huruf ain baik dalam kondisi hidup (harakat) maupun mati (sukun).

Latihan Huruf Hamzah

Untuk melatih pengucapan huruf hamzah baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca ayat-ayat pilihan di bawah ini dengan memperhatikan huruf hamzahnya, baik dalam kondisi berharakat maupun sukun :

1. QS Al-Baqarah ayat 6

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ سَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

2. QS Ali Imran ayat 81

وَإِذْ أَخَذَ ٱللَّهُ مِيثَٰقَ ٱلنَّبِيِّۦنَ لَمَآ ءَاتَيْتُكُم مِّن كِتَٰبٍ وَحِكْمَةٍ ثُمَّ جَآءَكُمْ رَسُولٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِۦ وَلَتَنصُرُنَّهُۥ ۚ قَالَ ءَأَقْرَرْتُمْ وَأَخَذْتُمْ عَلَىٰ ذَٰلِكُمْ إِصْرِى ۖ قَالُوٓا۟ أَقْرَرْنَا ۚ قَالَ فَٱشْهَدُوا۟ وَأَنَا۠ مَعَكُم مِّنَ ٱلشَّٰهِدِينَ

3. QS Al-An'am ayat 19

قُلْ أَىُّ شَىْءٍ أَكْبَرُ شَهَٰدَةً ۖ قُلِ ٱللَّهُ ۖ شَهِيدٌۢ بَيْنِى وَبَيْنَكُمْ ۚ وَأُوحِىَ إِلَىَّ هَٰذَا ٱلْقُرْءَانُ لِأُنذِرَكُم بِهِۦ وَمَنۢ بَلَغَ ۚ أَئِنَّكُمْ لَتَشْهَدُونَ أَنَّ مَعَ ٱللَّهِ ءَالِهَةً أُخْرَىٰ ۚ قُل لَّآ أَشْهَدُ ۚ قُلْ إِنَّمَا هُوَ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ وَإِنَّنِى بَرِىٓءٌ مِّمَّا تُشْرِكُونَ

4. QS At-Taubah ayat 12

وَإِن نَّكَثُوٓا۟ أَيْمَٰنَهُم مِّنۢ بَعْدِ عَهْدِهِمْ وَطَعَنُوا۟ فِى دِينِكُمْ فَقَٰتِلُوٓا۟ أَئِمَّةَ ٱلْكُفْرِ ۙ إِنَّهُمْ لَآ أَيْمَٰنَ لَهُمْ لَعَلَّهُمْ يَنتَهُونَ

5. QS Hud ayat 72

قَالَتْ يَٰوَيْلَتَىٰٓ ءَأَلِدُ وَأَنَا۠ عَجُوزٌ وَهَٰذَا بَعْلِى شَيْخًا ۖ إِنَّ هَٰذَا لَشَىْءٌ عَجِيبٌ

Demikian artikel singkat mengenai "Makhraj dan Sifat Huruf Hamzah". Untuk pembahasan makhraj dan sifat huruf-huruf hijaiah lainnya, silakan KLIK DI SINI. Anda juga bisa request judul artikel dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon