Apa Itu al atau Lam Ta'rif Lengkap

Apa Itu al atau Lam Ta'rif -

Dalam bab Lam Ta'rif atau AL (baca "al") Ta'rif terdapat dua hukum bacaan yaitu Idzhar Qamari dan Idgham Syamsi. Namun sebelum membahas kedua hukum bacaan tersebut, banyak pembaca yang masih kebingungan mengenai apa itu al atau Lam Ta'rif.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas apa pengertian al atau Lam Ta'rif. Kemudian cara menemukannya dalam mushaf dan juga pembagian jenis lam ta'rif yang bisa dipisah dengan yang tidak bisa dipisah berikut contoh-contohnya secara lengkap

Pengertian al atau Lam Ta'rif

Dua istilah dapat dipakai untuk penyebutannya yaitu al atau Lam Ta'rif. Apabila disebut dengan "al" maka terbentuk hamzah washal dengan lam sukun (الْ). Jika disebut dengan Lam Ta'rif maka berarti lam sukun yang berfungsi untuk ta'rif.

Sebutan yang pertama adalah "al". Disebut demikian karena cara membaca nya seolah dibaca "al". Dan dilihat dari bentuknya, al itu terdiri dari hamzah washal (a untuk al) dan lam sukun (l untuk al). Bentuk nya akan dibahas berikutnya.

Sebutan yang kedua adalah Lam Ta'rif. Disebut demikian karena ia adalah lam sukun yang bertujuan untuk ta'rif. Ta'rif secara singkat adalah mengkhususkan suatu kata benda, sehingga bisa dikatakan lam ta'rif ini hanya ada pada kata benda.

Lalu apa pengertian dari al atau Lam Ta'rif? Menurut kitab "Taysir ar-Rahman", al atau Lam Ta'rif adalah lam sukun tambahan (yang bukan struktur kata), didahului oleh hamzah washal (berharakat fathah jika ibtida), dan setelahnya merupakan isim (kata benda). Berikut contoh-contohnya :

اَلْقُرْءَانُ
اَلْمَسْجِدُ
اَلْكِتَابُ
اَلْهُدَى
اَلشَّمْسُ
اَلزَّلْزَلَةُ

Bentuk al atau Lam Ta'rif

Lalu bagaimana mencari al atau Lam Ta'rif? Atau bagaimana bentuk dari al atau Lam Ta'rif? Untuk mencari al atau Lam Ta'rif, maka perlu diperhatikan dua huruf penting di dalamnya, yaitu hamzah washal dan huruf lam (sukun atau tidak berharakat).

Untuk penulisan huruf lam insyaallah dapat mudah dimengerti. Yang mungkin agak sulit adalah mencari hamzah washal nya. Dalam Mushaf Standar Indonesia, hamzah washal tidak diberi tanda khusus. Hamzah washal cukup ditulis sama dengan alif.

Sedangkan di Mushaf Standar Madinah, hamzah washal diberi tanda khusus yang membedakannya dengan alif. Tanda hamzah washal di Mushaf Madinah adalah dengan ditulis alif yang di atas nya diberi tanda shad kecil. Perhatikan perbedaan kedua mushaf pada gambar di bawah ini :

Perbedaan tanda AL
Untuk mencari yang mana hamzah washal, maka lebih cepat menggunakan Mushaf Standar Madinah karena penulisannya dibedakan. Sedangkan mencari hamzah washal di Mushaf Standar Indonesia, agak kesulitan karena penulisannya tidak dibedakan dengan alif.

Selain mencari hamzah washal dengan tanda khusus nya, Anda juga bisa mempelajari ilmu Nahwu untuk dapat menemukan mana hamzah washal dengan yang bukan, sekalipun tanpa melihat tanda khusus nya.

Jenis al atau Lam Ta'rif

Dari pengertian al atau Lam Ta'rif di atas, yang menyebutkan pengertian berupa lam sukun tambahan, membuat pengertian lain yakni apakah al atau Lam Ta'rif nya dapat dipisahkan dengan isim (kata benda) nya apa tidak.

Dari situlah, muncul pembagian al atau Lam Ta'rif menjadi dua yaitu al atau Lam Ta'rif yang dapat dipisah dengan al atau Lam Ta'rif yang tidak dapat dipisah. Contoh al atau Lam Ta'rif yang dapat dipisah misalnya adalah sebagai berikut ini

اَلشَّمْسُ = اَلْ + شَمْسٌ
اَلْمَسْجِدُ = اَلْ + مَسْجِدٌ
اَلْكِتَابُ = اَلْ + كِتَابٌ

Contoh al atau Lam Ta'rif yang tidak dapat dipisah sebagai berikut :

اَلَّذِيْنَ
اَلَّذِيْ
اَللهُ

Kedua jenis di atas, baik yang dapat dipisah maupun yang tidak dapat dipisah, tetap sama-sama al atau Lam Ta'rif dan memiliki hukum bacaan dari al atau Lam Ta'rif yaitu Idzhar Qamari atau Idgham Syamsi.

Demikian artikel singkat mengenai "Apa Itu al atau Lam Ta'rif Lengkap". Anda juga bisa bertanya atau memberi saran dengan berkomentar di bawah ini. Semoga bermanfaat...

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon