Cara Membedakan Mad Wajib dan Mad Jaiz dalam al-Quran

Cara Membedakan Mad Wajib dan Mad Jaiz dalam al-Quran -

Setelah mempelajari materi mengenai Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil, mungkin sebagaian merasa bingung membedakan kedua hukum bacaan Mad yang memang memiliki kemiripan ini. Bagaimana cara membedakannya?

Persamaan dan Perbedaan Mad Wajib dan Mad Jaiz

Sebelum membahas cara membedakan kedua Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil, perlu diketahui lagi mengenai makna kedua Mad ini yakni Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil agar terlihat jelas perbedaan dan persamaannya.


Mad Wajib Muttashil adalah apabila Mad bertemu hamzah dalam satu kata. Sedangkan Mad Jaiz Munfashil adalah apabila Mad bertemu hamzah di lain kata. Dari kedua pengertian ini, suda dapat diketahui persamaan dan perbedaannya.

Persamaan Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil adalah keduanya sama-sama Mad bertemu dengan huruf hamzah. Perbedaan Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil adalah Mad Wajib Muttashil bertemu dalam satu kata, sedangkan Mad Jaiz Munfashil dalam dua kata.

Yang kadang jadi permasalahan adalah bagaimana cara mengetahui bahwa hamzah nya berada dalam satu kata atau dua kata? Bagi yang sedikit banyak mengerti bahasa Arab, tentu dengan mudah mengetahui itu satu kata atau dua kata.

Sedangkan bagi yang tidak mengerti bahasa Arab, apalagi yang baru mengenal cara membaca Arab, tentu kesulitan. Maka dari itu, inilah tips-tips atau Cara Membedakan Mad Wajib dan Mad Jaiz saat melihat mushaf.

Membedakan Mad Wajib dan Mad Jaiz dalam Mushaf Indonesia

Cara ini nantinya akan dibagi menjadi dua macam tergantung mushaf yang digunakan yakni Mushaf Standar Indonesia atau Mushaf Standar Madinah. Perbedaan kedua mushaf sudah dibahas di situs ini, atau Anda bisa klik di sini.

Kita mulai dari Mushaf Standar Indonesia dan ini lah yang paling mudah. Kenapa paling mudah? Karena tips nya kemungkinan work atau berhasil nya adalah sekitar 90 %. Sisa nya 10 % adalah pengecualian.

Bagaimana tips atau cara membedakan Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil dalam Mushaf Indonesia? Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil selalu diawali dengan huruf Mad yang ditambahi dengan tanda layar atau bendera.

Tipsnya adalah perhatikan setelah tanda layar, bagaimana bentuk dari hamzah nya. Apabila hamzah nya berbentuk alif maka itu adalah Mad Jaiz Munfashil. Sedangkan jika hamzah nya tertulis dengan hamzah bukan alif, maka itu adalah Mad Wajib Muttashil.

Perhatikan bentuk hamzah setelah tanda layar (tanda bendera) dari Mad Wajib Muttashil berikut ini yang berbentuk hamzah :

Perhatikan bentuk hamzah setelah tanda layar (tanda bendera) dari Mad Jaiz Munfashil berikut ini yang berbentuk alif :

Sekarang coba bedakan diantara dua Mad berikut ini, manakah yang Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil :

Kesimpulannya adalah setelah tanda layar, perhatikan tulisan hamzah nya apakah berbentuk hamzah atau alif. Jika berbentuk hamzah maka Mad Wajib Muttashil dan jika bentuk alif maka Mad Jaiz Munfashil. Ini berlaku di Mushaf Indonesia.

Membedakan Mad Wajib dan Mad Jaiz dalam Mushaf Madinah

Lalu bagaimana cara membedakan Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil jika menggunakan Mushaf Madinah? Apakah cara nya tidak sama dengan yang menggunakan Mushaf Indonesia? Jika berbeda, bagaimana caranya?

Membedakan Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil di Mushaf Madinah bisa menggunakan cara di Mushaf Indonesia. Hanya tingkat keberhasilannya menurun. Jika di Mushaf Indonesia bisa 90 % maka di Mushaf Madinah turun ke 50%.

Selain itu, jika tips di Mushaf Indonesia diterapkan di Mushaf Madinah bisa membingungkan sebagian orang. Berikut tips-tips membedakan Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil dalam Mushaf Madinah :

1. Baik Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil sama-sama ditulis dengan bentuk hamzah

2. Perhatikan hamzah nya

3. Jika hamzah nya tidak di atas atau dibawah alif dan setelah hamzah tidak ada alif, maka Mad Wajib Muttashil

4. Jika hamzah nya di atas atau di bawah alif dan setelah hamzah juga ada alif, maka Mad Jaiz Munfashil

Cara ini kemungkinan work nya sekitar 90 % dan silahkan perhatikan masing-masing contoh dari Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil.

Berikut ini contoh hamzah yang berada di atas alif maka Mad Jaiz Munfashil :

Berikut ini contoh hamzah yang berada di bawah alif maka Mad Jaiz Munfashil :
 
Berikut ini contoh hamzah yang setelahnya ada alif maka Mad Jaiz Munfashil :

Berikut ini contoh hamzah yang tidak berada di atas atau di bawah alif dan setelahnya tidak ada alif, maka Mad Wajib Muttashil :

Demikian artikel singkat mengenai "Cara Membedakan Mad Wajib dan Mad Jaiz dalam al-Quran" baik di Mushaf Standar Indonesia maupun Mushaf Standar Madinah. Tips ini bisa saja kurang tepat karena mengandalkan penulisan hamzah saja. Semoga bermanfaat...

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon