25 September 2019

Contoh Idgham Mimi Juz 30 Lengkap

Contoh Idgham Mimi Juz 30 Lengkap -

Dalam artikel kategori "Contoh" kali ini, penulis akan membagikan contoh-contoh hukum bacaan Idgham Mimi dalam Juz 30. Idgham Mimi juga bisa disebut dengan Idgham Mitsli atau Idgham Syafawi.

Selain memberikan artikel mengenai contoh hukum bacaan Idgham Mimi, para pembaca juga bisa request mengenai hukum bacaan lain atau menguraikan surat dan ayat tertentu. Kali ini berfokus pada Idgham Mimi yang ada di Juz 30 atau biasa disebut Juz Amma.


Idgham Mimi adalah apabila mim sukun bertemu dengan huruf mim. Cara membaca hukum bacaan Idgham Mimi adalah dengan memasukkan mim sukun ke dalam mim dan disertai dengan suara dengung.

Jumlah contoh-contoh Idgham Mimi sama dengan Ikhfa Syafawi yang sedikit. Berbeda dengan hukum bacaan Idzhar Syafawi yang contoh-contohnya sangat banyak dan mudah ditemukan. Dalam juz 30, contoh Idgham Mimi hanya ada 7 contoh.

Berikut ini adalah contoh-contoh hukum bacaan Idgham Mimi pada Juz 30 Lengkap dengan nama surat dan nomor ayatnya. Contoh Idgham Mimi pasti terjadi antara dua kata. Kata yang berwarna merah adalah hukum bacaan Idgham Mimi.

1 dan 2. QS Quraisy ayat 4 (mim sukun bertemu mim, mim sukun bertemu mim)
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
3. QS Al-Humazah ayat 8 (mim sukun bertemu mim)
إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ
4. QS Al-Qadr ayat 4 (mim sukun bertemu mim)
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ
5. QS Al-Buruj ayat 20 (mim sukun bertemu mim)
وَاللَّهُ مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيطٌ
6. QS Al-Muthaffifin ayat 4 (mim sukun bertemu mim)
أَلَا يَظُنُّ أُولَٰئِكَ أَنَّهُمْ مَبْعُوثُونَ
7. QS Al-Muthaffifin ayat 14 (mim sukun bertemu mim)
كَلَّا ۖ بَلْ ۜ رَانَ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Demikian artikel singkat mengenai "Contoh Idgham Mimi Juz 30 Lengkap". Para pembaca bisa request dengan cara berkomentar di bawah. Semoga bermanfaat...

14 komentar

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon