Manfaat Belajar Sifatul Huruf

Manfaat Belajar Sifatul Huruf -

Setelah mengetahui makna dan pengertian dari Sifatul Huruf (sifat-sifat huruf hijaiah), maka selanjutnya apa manfaat dari belajar Sifatul Huruf? Apakah belajar Sifatul Huruf itu penting? Dan bagaimana dampak Sifatul Huruf dalam praktek baca al-Quran?

Manfaat Belajar Sifat Huruf

Dengan mengetahui manfaat dari belajar Sifat Huruf, akan diketahui seberapa pentingnya sifat Huruf. Dalam kitab "al-Mufid fi Ilm at-Tajwid" dijelaskan bahwa belajar Sifatul Huruf (Ilmu mengenai sifat-sifat huruf hijaiah) setidaknya memiliki tiga manfaat sebagai berikut:

1. Untuk membedakan huruf yang sama makhraj

Dari 29 huruf hijaiah, memang ada beberapa huruf yang sama atau satu makhraj. Mudah membedakan pengucapan dua huruf yang berbeda makhraj. Namun jika dua huruf yang dituju adalah satu makhraj, bagaimana cara membedakannya?

Cara membedakan dua huruf yang sama makhraj nya adalah dengan mempelajari sifat-sifat huruf. Meskipun kedua huruf sama makhraj nya, bisa dipastikan sifat nya ada perbedaannya. Entah sifat yang berbeda nya sedikit atau banyak, ikut mempengaruhi dalam pengucapan suatu huruf.

2. Untuk mengetahui huruf yang kuat dan lemah

Dalam pembahasan sifat-sifat huruf hijaiah, nanti nya akan dibagi mana sifat-sifat huruf yang kuat dan mana sifat-sifat huruf yang lemah. Apabila suatu huruf memiliki banyak sifat yang kuat, maka huruf itu disebut huruf yang kuat.

Sebaliknya, apabila suatu huruf memiliki banyak sifat yang lemah, maka huruf tersebut dikategorikan sebagai huruf yang lemah. Bagaimana jika sifat-sifat nya imbang antara sifat kuat dan lemah? Maka huruf itu juga disebut sebagai huruf menengah atau tidak kuat juga tidak lemah.

Mengetahui mana huruf yang kuat dan mana huruf yang lemah, selanjutnya bertujuan untuk mengetahui seberapa besar proses Idgham. Huruf yang kuat itu sulit di-Idgham-kan ke huruf yang lemah. Sebaliknya, huruf yang lemah mudah di-Idgham-kan ke huruf yang kuat.

3. Untuk memperindah pengucapan huruf yang berbeda makhraj

Selain dapat membedakan dua huruf yang sama makhrajnya, mempelajari sifat-sifat huruf juga bisa semakin memperindah pengucapan dua huruf yang sejak awal sudah berbeda makhraj. Pengucapan suatu huruf bisa dimaksimalkan setelah mengetahui sifat-sifat huruf.

Penting Mengetahui Sifat Huruf

Apakah penting mengetahui atau mempelajari sifat-sifat huruf? Setelah membaca tiga manfaat di atas, bisa dilihat bahwa mempelajari sifat-sifat huruf merupakan hal yang penting. Dimulai dari cara membedakan huruf yang sama makhraj.

Kemudian, mempelajari sifat-sifat huruf itu penting karena dapat diketahui mana huruf yang kuat dan mana huruf yang lemah. Selain itu, manfaat terakhir, yakni semakin memperindah atau memper-fasih pengucapan suatu huruf.

Belajar sifat-sifat huruf juga banyak dipraktekkan dalam masyarakat, meskipun beberapa belum maksimal mengenai teori nya. Namun setidaknya, perlu ditekankan kembali mengenai sifat-sifat huruf yang biasanya dibarengkan dengan pembahasan makhraj huruf.

Dampak Mempelajari Sifat Huruf

Lalu bagaimana jika tidak mempelajari sifat-sifat huruf? Apabila tidak mempelajari sifat-sifat huruf, maka akan berdampak dari pengucapan suatu huruf. Misalnya, dalam huruf yang sama makhraj nya, tidak akan diketahui perbedaannya jika tanpa melalui sifat-sifat huruf.

Huruf ta (ت), dal (د), dan tha (ط) adalah contoh 3 huruf yang sama makhrajnya. Perbedaannya baru terlihat pada sifat-sifat huruf nya. Jika diuraikan sifat-sifatnya akan semakin jelas bedanya. Perhatikan tabel sifat ketiga huruf tersebut di bawah ini :


Dari tabel di atas, terlihat jika ketiga huruf yang sama makhraj nya tersebut, juga sama-sama memiliki sifat Syiddah. Huruf ta dan dal hampir mirip kecuali pada sifat Jahr Hams, dan Qalqalah. Begitu pula huruf dal dengan tha.

Mempelajari sifat-sifat huruf tidak cukup dengan teori, melainkan langsung praktek dan talaqqi kepada guru. Karena pengucapan huruf yang benar dan baik, tanpa adanya huruf, berpotensi menimbulkan keraguan dan kesalahpahaman.

Demikian artikel singkat mengenai "Manfaat Belajar Sifatul Huruf". Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam..

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon