Pengertian, Contoh, dan Pertanyaan Seputar Idgham Bila Ghunnah

Pengertian, Contoh, dan Pertanyaan Seputar Idgham Bila Ghunnah -

Hukum bacaan Nun Sukun atau Tanwin yang merupakan cabang dari Idgham adalah Idgham Bila Ghunnah. Apa pengertian hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah? Apa contohnya? Dan apa saja pertanyaan mengenai Idgham Bila Ghunnah?

Pengertian

Secara bahasa, Idgham Bila Ghunnah terdiri dari 3 kata yaitu Idgham, Bila, dan Ghunnah. Idgham artinya memasukkan, Bila artinya tanpa atau tidak, dan Ghunnah artinya dengung. Selain istilah Idgham Bila Ghunnah, disebut juga dengan Idgham Ghair Ghunnah


Secara istilah Ilmu Tajwid, Idgham Bila Ghunnah adalah apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf lam (ل) atau ro (ر) tanpa disertai dengan suara dengung atau ghunnah. Hukum Idgham Bila Ghunnah hanya ada dalam bentuk dua kata.

Cara membaca hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah adalah dengan memasukkan suara nun sukun atau tanwin ke dalam huruf Idgham Bila Ghunnah dengan sempurna (Idgham Kamil) dan tanpa disertai dengan dengung.

Terdapat satu pengecualian di QS Al-Qiyamah ayat 27 dimana terdapat nun sukun bertemu ro, namun tidak boleh diidghamkan melainkan dibaca saktah.

Contoh-Contoh

Contoh-contoh hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah banyak ditemukan di dalam al-Quran. Hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah hanya ada dalam bentuk dua kata baik dengan nun sukun atau tanwin. Tidak ada yang satu kata.

Berikut contoh hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah (nun sukun) dalam dua kata :

1. QS Al-Balad ayat 7 (nun sukun bertemu lam)
أَيَحْسَبُ أَن لَّمْ يَرَهُ أَحَدٌ
2. QS Al-Alaq ayat 7 (nun sukun bertemu ro)
أَن رَّآهُ اسْتَغْنَىٰ

Berikut contoh hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah (tanwin) dalam dua kata :

1. QS Al-Humazah ayat 1 (tanwin bertemu lam, tanwin bertemu lam)
وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ
2. QS At-Takwir ayat 25 (tanwin bertemu ro)
وَمَا هُوَ بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَّجِيمٍ

Pertanyaan-Pertanyaan

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan seputar hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah yang mungkin juga menjadi pertanyaan para pembaca. Untuk pertanyaan yang lain, bisa ditulis di kolom komentar. Terima kasih.

Q : Mengapa dinamakan Idgham?
A : Dinamakan Idgham karena cara membacanya adalah dengan memasukkan suara nun sukun atau tanwin ke dalam huruf selanjutnya.

Q : Mengapa dinamakan Bila Ghunnah?
A : Dinamakan Bila Ghunnah karena cara membacanya, selain dibaca Idgham, juga tanpa memakai dengung. Oleh karenanya dinamakan Bila Ghunnah (tanpa dengung)

Q : Mengapa ketika nun sukun atau tanwin bertemu huruf huruf lam (ل) atau ro (ر) dibaca Idgham Bila Ghunnah?
A : Nun sukun atau tanwin dibaca Idgham Bila Ghunnah karena makhraj nun dengan huruf lam (ل) atau ro (ر) adalah berdekatan sehingga dimasukkan nun nya ke dalam huruf Idgham Bila Ghunnah dengan sempurna (Idgham Kamil)

Q : Mengapa ketika bertemu huruf lam (ل) atau ro (ر) tidak dibaca dengung?
A : Nun sukun atau tanwin ketika bertemu huruf lam (ل) atau ro (ر) tidak dibaca dengung karena sesuai riwayat dan karena terdapat dalam dua kata.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon