Pengertian Dan Cara Mengetahui Makhraj Huruf Hijaiah

Pengertian Dan Cara Mengetahui Makhraj Huruf Hijaiah -

Bab atau pembahasan mengenai Makhraj Huruf Hijaiah merupakan hal penting dalam Ilmu Tajwid. Pengetahuan dan praktek akan makhraj huruf akan menambah kefasihan dalam membaca bahasa Arab, yang juga menjadi bahasa Al-Quran

Mengutip pendapat Ali bin Abi Thalib yang mengatakan bahwa Tajwid adalah tartil huruf dan mengetahui wuquf, kata tartil huruf bisa diartikan dengan menekankan pengucapan huruf yang sesuai makhraj dan sifatnya.


Pengucapan suatu huruf hijaiah tidak sempurna bila tidak mempelajari makhraj dan sifat huruf nya. Oleh karena itu, penjelasan atau pemahaman terhadap makhraj huruf merupakan hal yang penting dan roh dalam ilmu tajwid.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian dari makhraj itu sendiri dan juga bagaimana cara mengetahui makhraj dari suatu huruf. Untuk pembahasan makhraj masing-masing huruf akan diulas di artikel lainnya.

Pengertian Makhraj

Dimulai dari istilah lain Makhraj yaitu Makharijul Huruf adalah jamak dari kata Makhraj. Makhraj secara bahasa artinya tempat keluar. Secara istilah, Makhraj Huruf adalah tempat keluar nya huruf hijiaiah.

Dalam kitab "al-Mufid fi Ilm at-Tajwid" dijelaskan bahwa Makhraj adalah tempat keluar atau muncul nya huruf, baik itu muhaqqaq atau muqaddar. Penjelasan sama juga ditemukan dalam kitab "Ghayat al-Murid fi Ilm at-Tajwid".

Atau secara singkat, Ilmu Makhraj atau biasa disebut Makharijul Huruf adalah ilmu yang mempelajari dimana tempat keluarnya huruf-huruf hijaiah. Dengan kata lain, Makharijul Huruf membahas lokasi atau tempat asal sebuah huruf.

Dari pengertian sebelumnya, muncul pembagian makhraj menjadi dua yaitu makhraj muhaqqaq dan makhraj muqaddar. Makhraj muhaqqaq adalah tempat keluar yang dapat disandarkan pada bagian-bagian tubuh seperti lidah, tenggorokan, dan bibir.

Sedangkan makhraj muqaddar adalah tempat keluar yang tidak dapat disandarkan pada bagian-bagian tubuh, yang hanya bertumpu pada aliran nafas. Contoh huruf yang berasal dari makhraj muqaddar adalah huruf alif.

Bagaimana Cara Mengetahui Makhraj

Bagaimana cara mengetahui tempat keluar atau makhraj dari sebuah huruf hijaiah? Dalam kitab-kitab tajwid dijelaskan bahwa untuk mengetahui tempat keluar nya sebuah huruf adalah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Huruf nya diberi tanda sukun

2. Sebelum huruf tersebut, diberi hamzah berharakat

Jika sudah mengikuti dua langkah di atas, silahkan ucapkan huruf tersebut dan perhatikan dimana tempat keluar atau makhraj huruf tersebut. Berikut contoh-contoh huruf dengan mengikuti langkah di atas :

Misal huruf Ba
أَبْ – إِبْ – أُبْ

Misal huruf Ta
أَتْ – إِتْ – أُتْ

Misal huruf Alif (Huruf-huruf Mad)
أَا – أُو - إِي

Demikian artikel singkat mengenai "Pengertian Dan Cara Mengetahui Makhraj Huruf Hijaiah". Semoga bermanfaat...

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon