Pengertian dan Nama Lain Nun Wiqayah

Pengertian dan Nama Lain Nun Wiqayah -

Salah satu bacaan Gharib yang terdapat perbedaan dalam penulisan tanda baca adalah bacaan Nun Wiqayah. Selain itu, ada beberapa sebutan lain untuk bacaan Nun Wiqayah. Apa pengertian Nun Wiqayah? Apa nama-nama selain Nun Wiqayah?

Pengertian dan Cara Membaca

Secara bahasa, Nun Wiqayah terdiri dari 2 kata yaitu Nun dan Wiqayah. Nun artinya huruf Nun, sedangkan Wiqayah artinya menjaga. Secara istilah, Nun Wiqayah adalah nun yang berasal dari tanwin ketika tanwin bertemu hamzah washal.

Dengan kata lain, apabila ada tanwin lalu bertemu dengan hamzah washal maka ada hukum atau muncul lah nun yang dinamakan dengan Nun Wiqayah. Nun Wiqayah hanya muncul ketika dibaca washal (tanwin bertemu hamzah washal), jika waqaf maka tidak muncul Nun Wiqayah.

Tanda baca Nun Wiqayah dalam Mushaf Standar Indonesia berbeda dengan Mushaf Standar Madinah. Mushaf Standar Indonesia memberikan tanda nun kecil dibawah dan tanwin berubah harakat biasa.

Sedangkan Mushaf Standar Madinah tidak memberikan nun kecil dan tidak merubah tanwin. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini :


Cara membaca Nun Wiqayah adalah dengan mengganti bunyi tanwin menjadi harakat biasa, lalu setelahnya ditambahi huruf nun berharakat kasrah. Misalnya fathatain berubah menjadi fathah, dhammatain menjadi dhammah, dan kasratain menjadi kasrah.

[Baca juga : Perbedaan Tanda Baca Mushaf Indonesia dan Madinah dalam Tajwid 3]

Nama-Nama Lain

Lalu bagaimana dengan nama-nama selain nama Nun Wiqayah? Ada banyak sebutan untuk Nun Wiqayah. Perbedaan sebutan ini muncul karena dalam referensi kitab tajwid tidak secara jelas memberi nama untuk jenis Nun satu ini.

Kemungkinan, mengapa tidak diberikan nama untuk Nun ini adalah karena sudah dibahas mengenai pengertian tanwin dalam ilmu tajwid itu sendiri sehingga tidak perlu disebut kembali mengenai nama khusus untuk Nun ini.

[Baca juga : 25 Contoh Nun Wiqayah dalam Al-Quran]

Karena nun nya yang memang berasal dari bunyi tanwin, sebagian menamakan Nun Wiqayah ini dengan Nun Tanwin.

Mengapa dinamakan Nun Wiqayah? Wiqayah artinya menjaga. Muncul nya Nun Wiqayah adalah untuk menjaga agar tidak terjadi pertemuan antara 2 sukun (iltiqa sakinain) sehingga diberi lah nun berharakat kasrah.

Ada juga yang menamakan Nun Washal atau Nun Shilah. Washal dan Shilah artinya sama yaitu sambung. Dinamakan Nun Washal atau Shilah karena nun ini hanya muncul ketika membaca washal atau saat tanwin bertemu hamzah washal.

Ada juga yang menamakan Nun Iwadh. Iwadh artinya ganti. Dinamakan Nun Iwadh karena nun ini muncul sebagai ganti dari tanwin. Tanwin nya juga berganti menjadi harakat biasa.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon