Penjelasan Hukum Idzhar Syafawi

Penjelasan Hukum Idzhar Syafawi -

Satu-satu nya hukum bacaan dalam bab Mim Sukun, yang memiliki jumlah huruf paling banyak adalah hukum bacaan Idzhar Syafawi. Berbeda dengan Ikhfa Syafawi maupun Idgham Syafawi yang hanya memiliki satu huruf saja. Apa pengertian dari hukum bacaan Idzhar Syafawi? Bagaimana cara membacanya dan apa saja contohnya?

Pengertian Idzhar Syafawi

Hukum bacaan Idzhar Syafawi secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu Idzhar dan Syafawi. Idzhar artinya jelas atau menjelaskan, sedangkan Syafawi artinya bibir. Secara istilah Ilmu Tajwid, Idzhar Syafawi adalah apabila Mim Sukun bertemu huruf hijaiah selain huruf Mim dan Ba.


Huruf-huruf yang dibaca dengan Idzhar Syafawi berjumlah 26 yaitu seluruh huruf hijaiah selain huruf Mim dan Ba. Cara membaca hukum bacaan Idzhar Syafawi adalah dengan menjelaskan bunyi Mim Sukun ketika bertemu salah satu huruf Idzhar Syafawi dan tanpa disertai dengan suara dengung.

Contoh-Contoh Idzhar Syafawi

Contoh-contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi banyak ditemukan di dalam al-Quran. Ditambah jumlah huruf nya sangat banyak, tentu membuat jumlah pilihan contoh nya juga beragam. Total huruf Idzhar Syafawi ada 26 huruf.

Bentuk contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi bisa dalam satu kata atau dua kata. Dalam kitab "Taysir ar-Rahman" disebutkan bahwa contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi dalam al-Quran terbagi menjadi dua jenis yaitu ada yang hanya dua kata dan ada yang bisa satu kata sekaligus dua kata.

Contoh-contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi dalam al-Quran yang hanya dapat ditemukan dalam bentuk dua kata yaitu jika bertemu 8 huruf berupa kha (خ), jim (ج), dzal (ذ), dza (ظ), fa (ف), shad (ص), ghain (غ), dan qaf (ق).

Sisa 18 huruf dari Idzhar Syafawi bisa ditemukan contoh nya baik bentuk satu kata maupun dua kata. Berikut beberapa contoh mengenai hukum bacaan Idzhar Syafawi di dalam al-Quran (berwarna merah adalah hukum bacaan nya).

Contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi dalam QS At-Thur ayat 35 (mim sukun bertemu kha) :
أَمْ خُلِقُوا مِنْ غَيْرِ شَيْءٍ أَمْ هُمُ الْخَالِقُونَ
Contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi dalam QS Al-Maun ayat 7 (mim sukun bertemu nun)
 وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ
Contoh hukum bacaan Idzhar Syafawi dalam QS Quraisy ayat 2 (mim sukun bertemu ro)
إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ

Pertanyaan-Pertanyaan Idzhar Syafawi

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan seputar Idzhar Syafawi, yang mungkin juga merupakan pertanyaan para pembaca. Para pembaca atau pengunjung dapat mengajukan pertanyaan dengan cara berkomentar.

Q : Mengapa dinamakan "Idzhar" dalam Idzhar Syafawi?
A : Idzhar artinya jelas atau menjelaskan. Dinamakan Idzhar karena cara membaca huruf mim sukun nya adalah dengan dibaca jelas sehingga dinamakan Idzhar.

Q : Mengapa dinamakan Syafawi dalam Idzhar Syafawi?
A : Syafawi artinya bibir. Dinamakan Syafawi karena tempat keluar atau makhraj dari huruf mim adalah di bibir. Selain itu, penamaan Syafawi ini untuk membedakan dengan Idzhar-Idzhar lainnya misalnya Idzhar Halqi.

Q : Mengapa cara membaca Idzhar Syafawi dibaca jelas?
A : Huruf mim sukun apabila bertemu dengan huruf hijaiah selain mim dan ba maka dibaca Idzhar Syafawi. Dibaca jelas karena letak makhraj antara huruf mim dengan huruf Idzhar Syafawi adalah berjauhan sehingga dibaca jelas.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon