Penjelasan Hukum Ikhfa Syafawi

Penjelasan Hukum Ikhfa Syafawi -

Hukum bacaan dalam Bab Mim Sukun terbagi menjadi tiga yaitu Ikhfa Syafawi, Idgham Mimi, dan Idzhar Syafawi. Pembahasan bab Mim Sukun dimulai dari hukum Ikhfa Syafawi. Apa pengertian dari hukum Ikhfa Syafawi? Bagaimana cara membaca dan contohnya? Apa saja pertanyaan mengenai Ikhfa Syafawi?

Pengertian Ikhfa Syafawi

Secara bahasa, Ikhfa Syafawi terdiri dari dua kata yaitu Ikhfa dan Syafawi. Ikhfa artinya menyamarkan, sedangkan Syafawi artinya bibir. Secara istilah, Ikhfa Syafawi adalah apabila mim sukun bertemu dengan huruf ba (ب).


Pertemuan antara huruf mim sukun dengan ba hanya terjadi pada dua kata. Atau dengan kata lain, tidak ada hukum bacaan Ikhfa Syafawi yang satu kata. Maka apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf ba, hukum bacaannya adalah Ikhfa Syafawi.

Cara Membaca dan Contoh Ikhfa Syafawi

Lalu bagaimana cara membaca hukum bacaan Ikhfa Syafawi? Cara membaca hukum bacaan Ikhfa Syafawi adalah dengan menyamarkan suara mim sukun ketika bertemu huruf ba dan disertai dengan suara dengung.

Beberapa contoh hukum bacaan Ikhfa Syafawi dalam al-Quran adalah sebagai berikut (kata yang ada hukum bacaan Ikhfa Syafawi diberi warna merah) :

Contoh hukum bacaan Ikhfa Syafawi dalam QS Al-Fiil ayat 4 :
تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ
Contoh hukum bacaan Ikhfa Syafawi dalam QS Al-Adiyat ayat 11 :
إِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَئِذٍ لَخَبِيرٌ
Contoh hukum bacaan Ikhfa Syafawi dalam QS Al-Alaq ayat 14 :
أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَىٰ

Pertanyaan-Pertanyaan Ikhfa Syafawi

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang penulis kumpulkan dan bisa jadi pertanyaan para pembaca juga mengenai hukum bacaan Ikhfa Syafawi. Para pembaca juga bisa mengirimkan pertanyaan lainnya dengan cara berkomentar.

Q : Mengapa dinamakan "Ikhfa" dalam Ikhfa Syafawi?
A : Ikhfa artinya menyamarkan. Dinamakan Ikhfa dalam Ikhfa Syafawi karena cara membaca mim sukun nya adalah dengan dibaca samar. Samar yang dimaksud di sini adalah bacaan mim sukun yang bukan Idgham dan juga bukan Idzhar.

Q : Mengapa dinamakan "Syafawi" dalam Ikhfa Syafawi?
A : Syafawi artinya (sejenis) bibir. Dinamakan Syafawi dalam Ikhfa Syafawi karena untuk membedakan Ikhfa nya mim sukun dengan Ikhfa yang lainnya. Selain itu, makhraj atau tempat keluar nya huruf mim juga dari bibir atau syafatain.

Q : Bagaimana cara membaca Ikhfa nya mim sukun dalam Ikhfa Syafawi?
A : Mungkin sebagian besar pembaca merasa bingung dengan maksud membaca mim sukun yang samar. Pada dasarnya, ketika membaca mim sukun Ikhfa Syafawi itu sama seperti membaca mim sukun pada umumnya.

Untuk perbedaan antara Ikhfa Syafawi dengan Iqlab dan Ikhfa Haqiqi, Anda bisa cari artikel berjudul "Persamaan dan Perbedaan Antara Iqlab, Ikhfa Haqiqi, dan Ikhfa Syafawi" atau Anda bisa langsung klik di sini.

Demikian artikel singkat mengenai "Penjelasan Hukum Ikhfa Syafawi". Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam...

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon