7 Juni 2023

Makhraj dan Sifat Huruf Tsa, Dzal, dan Zha

Setelah membahas segmen makhraj sifat berdasarkan topiknya, kali ini segmen makhraj sifat berfokus pada hurufnya. Yaitu akan dijelaskan di mana letak makhraj suatu huruf serta akan dipaparkan apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.


Artikel ini akan membahas tiga huruf yaitu huruf Tsa (ث), huruf Dzal, (ذ) dan huruf Zha (ظ). Dipilihnya ketiga huruf tersebut karena keduanya sama-sama memiliki tempat keluar yang sama, tetapi sifatnya berbeda. Penjelasannya sebagai berikut ini :

Makhraj dan Sifat Huruf Tsa (ث)

1. Makhraj Huruf Tsa (ث)

Huruf Tsa secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Tsa terletak pada ujung lidah yang menempel ke ujung gigi seri atas. Makhraj huruf Tsa ini serupa dengan huruf Dzal dan huruf Zha.

2. Sifat Huruf Tsa (ث)

Huruf Tsa memiliki 5 (lima) sifat yaitu Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, dan Ishmat. Huruf Tsa memiliki sifat Hams yang artinya saat mengucapkannya harus mengalirkan hembusan angin. Di sisi lain, huruf Tsa juga memiliki sifat Rakhawah yang berarti aliran suaranya mengalir saat dibunyikan.

Perlu berhati-hati saat membaca huruf tsa dengan menampakkan sifat Hams dan Rakhawah. Selain itu, saat mengucapkan huruf Ta tidak boleh dibaca tebal alias harus dibaca dengan tipis karena ia memiliki sifat Istifal dan Infitah.

Untuk melatih pengucapan huruf Tsa, silakan membaca QS Yasin ayat 14 di bawah ini :

إِذْ أَرْسَلْنَآ إِلَيْهِمُ ٱثْنَيْنِ فَكَذَّبُوهُمَا فَعَزَّزْنَا بِثَالِثٍ فَقَالُوٓا۟ إِنَّآ إِلَيْكُم مُّرْسَلُونَ

Makhraj dan Sifat Huruf Dzal (ذ)

1. Makhraj Huruf Dzal (ذ)

Huruf Dzal secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Dzal terletak pada ujung lidah yang menempel ke ujung gigi seri atas. Makhraj huruf Dzal ini serupa dengan huruf Tsa dan huruf Zha.

2. Sifat Huruf Dzal (ذ)

Huruf Dzal mempunyai 5 (lima) sifat yaitu Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, dan Ishmat. Huruf Dzal memiliki sifat Jahr berarti saat mengucapkannya tidak mengalirkan hembusan angin. Di sisi lain, huruf Dzal juga memiliki sifat Rakhawah yang berarti aliran suaranya mengalir saat dibunyikan.

Dengan adanya dua sifat yang berlawanan yaitu Jahr dan Rakhawah, hati-hati untuk tidak mengalirkan hembusan angin saat diucapkan. Selain itu, saat mengucapkan huruf Ta tidak boleh dibaca tebal alias harus dibaca dengan tipis karena ia memiliki sifat Istifal dan Infitah.

Untuk melatih pengucapan huruf Dzal, silakan membaca QS Al-Baqarah ayat 63 di bawah ini :

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَٰقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ ٱلطُّورَ خُذُوا۟ مَآ ءَاتَيْنَٰكُم بِقُوَّةٍ وَٱذْكُرُوا۟ مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Makhraj dan Sifat Huruf Zha (ظ)

1. Makhraj Huruf Zha (ظ)

Huruf Tsa secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, makhraj huruf Tsa terletak pada ujung lidah yang menempel ke ujung gigi seri atas. Makhraj huruf Tsa ini serupa dengan huruf Dzal dan huruf Tsa.

2. Sifat Huruf Zha (ظ)

Huruf Tsa memiliki 5 (lima) sifat yaitu Jahr, Rakhawah, Isti'la, Ithbaq, dan Ishmat. Huruf Zha memiliki sifat Jahr yang artinya saat mengucapkannya tidak boleh mengalirkan hembusan angin. Di sisi lain, huruf Zha juga memiliki sifat Rakhawah yang berarti aliran suaranya mengalir saat dibunyikan.

Berbeda dengan kedua huruf sebelumnya, huruf Zha dibaca dengan tebal karena mempunyai sifat Isti'la. Ditambah adanya sifat Ithbaq membuatnya menjadi salah satu huruf yang selalu dibaca tebal dimanapun ia berada dan apapun harakatnya.

Untuk melatih pengucapan huruf Zha, silakan membaca QS Al-An'am ayat 146 di bawah ini :

وَعَلَى ٱلَّذِينَ هَادُوا۟ حَرَّمْنَا كُلَّ ذِى ظُفُرٍ ۖ وَمِنَ ٱلْبَقَرِ وَٱلْغَنَمِ حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ شُحُومَهُمَآ إِلَّا مَا حَمَلَتْ ظُهُورُهُمَآ أَوِ ٱلْحَوَايَآ أَوْ مَا ٱخْتَلَطَ بِعَظْمٍ ۚ ذَٰلِكَ جَزَيْنَٰهُم بِبَغْيِهِمْ ۖ وَإِنَّا لَصَٰدِقُونَ

Wallahu a'lam...

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon