Idgham Syamsi

Idgham Syamsi -

Hukum bacaan kedua dalam bab Lam Ta'rif atau AL, atau setelah hukum bacaan Idzhar Qamari, adalah hukum bacaan Idgham Syamsi. Apa pengertian dari hukum bacaan Idgham Syamsi? Apa saja contoh-contohnya dan pertanyaan mengenai Idgham Syamsi?

Pengertian Idgham Syamsi

Secara bahasa, Idgham Syamsi terdiri dari dua kata : Idgham dan Syamsi. Idgham artinya memasukkan, sedangkan Syamsi artinya (sebangsa) matahari. Ada juga yang menamakan nya menjadi Idgham Syamsiyah.


Secara istilah Ilmu Tajwid, Idgham Syamsi adalah apabila lam ta'rif atau al bertemu dengan salah satu huruf Syamsi, yang jumlah nya ada 14 huruf hijaiah. Keempat belas huruf tersebut terkumpul dalam kalimat di bawah ini :

طِبْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ #  دَعْ سُوءَ ظَنَّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكَرَمْ

Atau jika diurutkan sesuai dengan urutan huruf hijaiah maka sebagai berikut ini :

ت ، ث ، د ، ذ ، ر ، ز ، س ، ش ، ص ، ض ، ط ، ظ ، ل ، ن

Lalu bagaimana cara membaca hukum bacaan Idgham Syamsi? Cara membacanya adalah dengan memasukkan lam ta'rif atau al ke dalam salah satu huruf Syamsi. Biasanya, di dalam mushaf, lam ta'rif atau al nya Idgham Syamsi tidak diberi harakat dan huruf setelahnya diberi tanda tasydid.

Contoh-Contoh Idgham Syamsi

Contoh-contoh Idgham Syamsi banyak ditemukan di dalam al-Quran. Biasanya, cara mudahnya adalah apabila ada al atau lam ta'rif nya dan ada huruf bertasydid (al nya tidak berharakat) maka itu adalah hukum bacaan Idgham Syamsi.

Berikut ini beberapa contoh-contoh dari hukum bacaan Idgham Syamsi yang ada di dalam al-Quran beserta nama surat dan nomor ayatnya :

Hukum bacaan Idgham Syamsi dalam QS An-Nas ayat 1 (al bertemu nun) :
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Hukum bacaan Idgham Syamsi dalam QS Al-Adiyat ayat 10 (al bertemu shad) :
 وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ

Hukum bacaan Idgham Syamsi dalam QS At-Takwir ayat 1 (al bertemu syin) :
 إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ

Pertanyaan-Pertanyaan Idgham Syamsi

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang penulis kumpulkan saat menjelaskan hukum bacaan Idgham Syamsi. Pertanyaan berikut bisa jadi juga pertanyaan para pembaca. Para pembaca juga bisa bertanya dengan cara tulis komentar di bawah ini.

Q : Mengapa dinamakan Idgham dalam hukum bacaan Idgham Syamsi?
A : Idzhar artinya menjelaskan. Dinamakan Idzhar karena cara membaca lam ta'rif atau al nya adalah dengan menjelaskan bunyi nya sehingga dinaman Idzhar Qamari

Q : Mengapa ketika lam ta'rif bertemu huruf Syamsi dibaca Idgham?
A : Lam Ta'rif bertemu huruf Syamsi dibaca Idgham karena makhraj huruf lam ada yang sama, sejenis, dan berdekatan dengan makhraj huruf-huruf Syamsi.

Q : Mengapa dinamakan Syamsi dalam hukum bacaan Idgham Syamsi?
A : Syamsi artinya (sebangsa) matahari. Dinamakan Syamsi karena perumpamaan. Lam ta'rif diumpamakan sebagai cahaya bintang. Cahaya bintang akan tidak terlihat jelas (Idgham) jika bersanding dengan matahari (Syamsi) maka itulah dinamakan Idgham Syamsi.

Q : Mengapa dinamakan Idgham Syamsi, bukan Idgham Syamsiyah?
A : Istilah Syamsi dan Syamsiyah masing-masing terdapat dalam buku-buku Tajwid. Namun istilah Syamsi dan Syamsiyah (masih merujuk pada buku-buku Tajwid) dipasangkan sesuai kata sebelumnya. Syamsi disandarkan pada Idgham (Idgham Syamsi), sedangkan Syamsiyah disandarkan pada al atau lam ta'rif (al Syamsiyah).

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon