Tajwid Bacaan Lafadz Jalalah

Tajwid Bacaan Lafadz Jalalah -

Selain hukum bacaan huruf Ro yang bisa dibaca tafkhim maupun tarqiq, huruf lam pada Lafadz Jalalah juga bisa menjadi tafkhim maupun tarqiq. Apa itu pengertian Lafadz Jalalah? Bagaimana hukum bacaan dan contohnya?

Pengertian Lafadz Jalalah

Secara bahasa, Lafadz Jalalah terdiri dari dua kata yaitu Lafadz dan Jalalah. Lafadz artinya kata atau ucapan, sedangkan Jalalah artinya Yang Diagungkan. Jika digabungkan maka Lafadz Jalalah adalah Lafadz Yang Diagungkan. Atau dengan kata lain adalah lafadz Allah.


Dari pengertian di atas, maka di setiap kata "Allah" terdapat hukum bacaan Lafadz Jalalah. Dalam sebutan lain, bisa disebut hukum bacaan Lam Jalalah atau hukum bacaan huruf Lam pada Lafadz Jalalah.

Hukum Bacaan Lafadz Jalalah

Hukum bacaan Lafadz Jalalah terbagi menjadi dua macam yaitu tafkhim (tebal) dan tarqiq (tipis). Yang dibaca tafkhim atau tarqiq pada Lafadz Jalalah adalah huruf Lam nya. Untuk pengucapan tafkim dan tarqiq bisa talaqqi kepada guru.

Lam nya Lafadz Jalalah dibaca tafkhim jika Lafadz Jalalah didahului oleh harakat fathah atau dhammah. Sedangkan Lam nya Lafadz Jalalah dibaca tarqiq jika Lafadz Jalalah didahului oleh harakat kasrah.

Contoh-Contoh Lafadz Jalalah

Contoh-contoh Lafadz Jalalah cukup banyak ditemukan dalam al-Quran. Intinya adalah mencari kata "Allah" maka terdapat hukum bacaan Lafadz Jalalah yang bisa dibaca tafkhim atau tarqiq. Lafadz Jalalah dalam al-Quran bisa berbentuk kata "Allah" maupun "Allahumma".

Hukum bacaaan Lafadz Jalalah dibaca tafkhim pada QS Al-Baqarah ayat 7 :
خَتَمَ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ وَعَلَىٰ سَمْعِهِمْ

Hukum bacaaan Lafadz Jalalah dibaca tafkhim pada QS Al-Baqarah ayat 10 :
فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا

Hukum bacaaan Lafadz Jalalah dibaca tarqiq pada QS Al-Baqarah ayat 23 :
وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Hukum bacaaan Lafadz Jalalah dibaca tarqiq pada QS Ali Imran ayat 26 :
قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ

Pertanyaan-Pertanyaan Lafadz Jalalah 

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan mengenai Lafadz Jalalah ketika penulis memaparkan penjelasan Lafadz Jalalah. Para pembaca juga bisa bertanya atau berkomentar dengan tulis komentar di bawah ini.

Q : Ada berapa hukum bacaan dalam kata "Allah" itu sendiri?
A : Terdapat tiga hukum bacaan dalam kata "Allah". Pertama adalah hukum bacaan Idgham Syamsi karena lam ta'rif bertemu dengan huruf lam. Kedua adalah hukum bacaan Lafadz Jalalah (tafkhim atau tarqiq tergantung harakat sebelumnya). Dan ketiga adalah hukum bacaan Mad Thabi'i.

Q : Apakah terdapat istilah lain dalam Lafadz Jalalah?
A : Beberapa membedakan istilah tebal untuk huruf Ro dan huruf Lam Lafadz Jalalah. Keduanya bisa sama-sama menggunakan istilah tafkhim. Namun sebagian menggunakan tafkhim untuk tebal nya huruf Ro dan menggunakan taghlidz untuk tebal nya Lam Jalalah.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon