Sifat Huruf yang Kuat dan Lemah

Sifat Huruf yang Kuat dan Lemah -

Setelah mempelajari masing-masing sifat dan fungsinya, beberapa sifat tersebut terbagi menjadi sifat huruf yang kuat dan sifat huruf yang lemah. Pembagian sifat huruf yang kuat dan lemah itu nantinya juga berakibat pada huruf tersebut didominasi sifat yang kuat atau lemah.

Sebagaimana diketahui, biasanya satu huruf memiliki 5 sifat huruf. Apabila suatu huruf memiliki lebih banyak sifat huruf yang kuat dibanding sifat huruf yang lemah, maka huruf tersebut merupakan huruf yang kuat. Begitu pula sebaliknya.


Pembagian sifat huruf yang kuat dan lemah pada artikel ini mengikuti jumlah sifat-sifat yang digunakan dalam situs ini yaitu 20 sifat dengan rincian : 11 sifat berlawanan (Jahr, Hams, Syiddah, Tawassuth, Rakhawah, Isti'la, Istifal, Ithbaq, Infitah, Idzlaq, dan Ishmat) dan 9 sifat tidak berlawanan (Shafir, Qalqalah, Lin, Takrir, Tafasysyi, Inhiraf, Istithalah, Ghunnah, Khafa).

Pembagian Sifat Huruf yang Kuat dan Lemah

Diantara 20 sifat tersebut, sifat-sifat yang masuk kategori sifat huruf yang kuat berjumlah 11 sifat yaitu : Jahr, Syiddah, Isti'la, Ithbaq, Shafir, Qalqalah, Inhiraf, Takrir, Tafasysysi, Istithalah, dan Ghunnah.

Sedangkan sifat-sifat huruf yang lemah terdapat 6 sifat yaitu Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Lin, dan Khafa.

Lalu bagaimana dengan 3 sifat lainnya yaitu Tawassuth, Idzlaq, dan Ishmat? Ketiga sifat tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai sifat yang kuat dan sifat yang lemah sehingga tidak dianggap kuat dan juga tidak dianggap lemah.

Huruf-huruf Kuat dan Lemah

Sebagaimana dijelaskan di awal, pembagian sifat-sifat huruf yang kuat dan lemah, berimbas pada huruf yang memiliki sifat-sifat tersebut. Apabila sifat-sifat yang dimilikinya merupakan sifat kuat maka huruf tersebut dikatakan huruf yang kuat.

Begitu pula sebaliknya. Maka setidaknya huruf-huruf hijaiah, berdasarkan sifat-sifat kuat dan lemah yang dimilikinya, terbagi menjadi tiga bagian yaitu huruf-huruf yang kuat, huruf-huruf yang lemah, dan huruf-huruf yang pertengahan.

1. Huruf-Huruf yang Kuat

adalah huruf-huruf yang sebagian besar sifat nya merupakan sifat yang kuat. Setidaknya terdapat 9 huruf yaitu ba, jim, dal, ro, shad, dhad, tha, dha, dan qaf. Huruf yang paling kuat diantara huruf-huruf tersebut adalah huruf tha.

Sifat-sifat yang dimiliki huruf tha adalah Jahr (sifat kuat), Syiddah (sifat kuat), Isti'la (sifat kuat), Ithbaq (sifat kuat), Ishmat, Qalqalah (sifat kuat). Huruf tha merupakan huruf yang kuat karena dari 6 sifat nya terdiri dari 5 sifat kuat dan 1 sifat pertengahan.

2. Huruf-Huruf yang Lemah

adalah huruf-huruf yang sebagian besar sifat nya merupakan sifat yang lemah. Setidaknya terdapat 14 huruf yaitu ta, tsa, ha, kha, dzal, za, sa, sya, ain, fa, kaf, wawu, Ha, dan ya. Huruf yang paling lemah adalah tsa, ha, fa, dan Ha.

Sifat-sifat yang dimiliki huruf fa adalah Hams (sifat lemah), Rakhawah (sifat lemah), Istifal (sifat lemah), Infitah (sifat lemah), Ishmat. Huruf fa merupakan huruf yang lemah karena dari 5 sifat nya terdiri dari 4 sifat lemah dan 1 sifat pertengahan.

3. Huruf-Huruf Pertengahan

adalah huruf-huruf yang antara sifat kuat dan lemah nya berjumlah sama. Setidaknya terdapat 5 huruf yaitu Hamzah, ghain, lam, mim, dan nun. Bagaimana dengan huruf alif? Akan dibahas dalam artikel khusus mengenai sifat huruf alif.

Sifat-sifat yang dimiliki huruf ghain adalah Jahr (sifat kuat), Rakhawah (sifat lemah), Isti'la (sifat kuat), Infitah (sifat lemah), dan Ishmat. Huruf Ghain merupakan huruf pertengahan karena memiliki 2 sifat kuat dan 2 sifat lemah.

Demikian artikel singkat mengenai sifat huruf yang kuat dan lemah. Artikel ini didasarkan pada bacaan berupa kitab al-Mufid fi Ilm at-Tajwid dan Ghayat al-Murid fi Ilm at-Tajwid. Semoga bermanfaat.

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon