Huruf Fawatihus Suwar

Huruf Fawatihus Suwar -

Pernahkah Anda membaca awal sebuah surah yang dimulai dengan beberapa huruf saja misalnya alif lam mim, ya sin, ain sin qaf, dan lain sebagainya. Huruf-huruf demikian disebut sebagai huruf Fawatihus Suwar. Apa itu huruf Fawatihus Suwar? Dan ada berapa saja huruf-hurufnya? Berikut ulasannya.

Pengertian Huruf Fawatihus Suwar

Secara bahasa, Fawatihus Suwar terdiri dari dua kata yaitu Fawatih dan as-Suwar (digabung dibaca Fawatihus-Suwar). Fawatih artinya pembuka-pembuka, sedangkan Suwar artinya surah-surah. Jika digabungkan, Fawatihus Suwar aritnya pembuka-pembuka surah-surah.


Dalam kitab al-Mufid fi Ilm at-Tajwid dijelaskan huruf-huruf Fawatihus Suwar adalah huruf-huruf yang menjadi pembuka sebagian surah di dalam al-Quran. Tidak semua surah diawali dengan huruf-huruf.

Contoh surah yang diawali huruf-huruf Fawatihus Suwar adalah awal surah al-Baqarah, Ali Imran, Yasin, dan sebagainya. Sedangkan cntoh surah yang tidak diawali huruf-huruf Fawatihus Suwar adalah surah An-Nisa, Al-Maidah, Al-An'am, dan lain sebagainya.

Huruf-huruf yang menjadi Fawatihus Suwar berjumlah 14 huruf. Keempat belas huruf tersebut terkumpul dalam kalimat di bawah ini :

طرق سمعك النصيحة

Jika dipisah-pisah masing-masing huruf nya menjadi seperti ini

ط ر ق س م ع ك ا ل ن ص ي ح ه

Huruf-huruf ini mabni sukun dan membaca nya seperti mengeja huruf tersebut. Misal (الم) bukan dibaca alama melainkan dieja masing-masing huruf nya menjadi alif lam mim. Atau misal (طس) bukan dibaca thosa tetapi tho sin.

Pembagian Huruf Fawatihus Suwar

Jika dilihat dari segi mad atau panjang pendeknya, keempat belas huruf Fawatihus Suwar di atas terbagi menjadi 4 bagian kelompok.

Kelompok pertama adalah huruf Fawatihus Suwar yang tidak dibaca panjang. Dari sekian banyak huruf Fawatihus Suwar, ada satu huruf yang tidak dibaca panjang yaitu huruf alif. Huruf alif terdapat di beberapa awal surah misalnya surah al-Baqarah dan Ali Imran.

Kelompok kedua adalah huruf Fawatihus Suwar yang dibaca panjang satu alif atau 2 harakat. Dari sekian banyak huruf Fawatihus Suwar, ada 5 huruf yang dibaca panjang sekitar 1 alif atau 2 harakat, yang terkumpul dalam kalimat di bawah ini :

حي طهر

Kelima huruf di atas cukup dibaca seperti membaca Mad Thabi'i. Sebagian buku tajwid menyebut kelima huruf Fawatihus Suwar di atas sebagai Mad Thabi'i Harfi. Kelima huruf Fawatihus Suwar di atas bisa ditemukan di awal surah misalnya huruf ya di Yasin, tha dan ha di surah Thaha, dan lain sebagainya.

Kelompok ketiga adalah huruf Fawatihus Suwar yang dibaca lin. Dari sekian banyak huruf Fawatihus Suwar, ada satu huruf saja yang dibaca lin yaitu huruf ain. Huruf ain ini bisa ditemukan di awal surah Maryam (كهيعص) dan Syura (حم عسق).

Cara membaca huruf Fawatihus Suwar berupa ain terdapat dua macam, yaitu boleh dibaca 4 harakat (2 alif) atau boleh dibaca 6 harakat (3 alif). Boleh memilih di antara dua opsi bacaan. Namun disarankan membaca dengan 6 harakat atau 3 alif.

Kelompok keempat adalah huruf Fawatihus suwar yang dibaca isyba' mad atau panjang 6 harakat. Sisa dari huruf-huruf Fawatihus Suwar selain 3 kelompok di atas yaitu 7 huruf merupakan huruf yang dibaca panjang 6 harakat.

Ketujuh huruf nya dikumpulkan dalam kalimat berikut ini

سنقص لكم

Di dalam mushaf, huruf-huruf Fawatihus Suwar kelompok 4 ini diberi tanda layar untuk menunjukkan dibaca panjang sekitar 3 alif atau 6 harakat. Kelompok 4 ini juga biasanya disebut juga Mad Lazim Harfi.

Tambahan

Artikel ini merupakan pengenalan atau awalan mengenal huruf-huruf Fawatihus Suwar. Huruf-huruf Fawatihus Suwar selanjutnya juga ditemukan dalam pembahasan Mad Lazim Harfi baik Mad Lazim Harfi Mukhaffaf dan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal.

Selain itu, pembahasan terkait huruf-huruf Fawatihus Suwar lainnya akan dimuat di artikel terpisah misalnya cara membaca Fawatihus Suwar lengkap, cara membaca gabungan awal surah Ali Imran, dan lain sebagainya bisa ditemukan di Daftar Isi Tajwid.

Demikian artikel singkat berjudul "Huruf Fawatihus Suwar". Semoga bermanfaat!

Membaca untuk menambah ilmu dan menulis untuk menabung ilmu | Penulis di beberapa blog pribadi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon