5 Januari 2020

Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain di Juz 30

Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain di Juz 30 -

Dalam bab Idgham yang terdiri dari Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain, contoh-contoh dari ketiga hukum Idgham tersebut masing-masing ada yang banyak ditemukan, ada yang kadang-kadang, dan ada yang jarang ditemukan.

Dalam kategori contoh kali ini, penulis mencoba mencari contoh dari ketiga hukum Idgham baik Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain. Ketiga hukum Idgham tersebut akan dicari contohnya di juz Amma atau Juz 30.


Apa saja contoh-contoh Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain yang ada di juz 30? Ada berapa banyak contohnya? Dan huruf apa bertemu dengan huruf apa? Berikut contoh Idgham Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain yang ada di Juz 30.

Idgham Mutamatsilain Juz 30

Idgham Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama (sama makhraj dan sifat) dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua berharakat. Maka cara membacanya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Terdapat beberapa contoh Idgham Mutamatsilain dalam Juz 30 yaitu :

1. QS An-Nazi'at ayat 18 (lam bertemu lam)
فَقُلْ هَلْ لَكَ إِلَىٰ أَنْ تَزَكَّىٰ
2. QS Al-Muthaffifin ayat 3 (wawu bertemu wawu)
وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ
3. QS Al-Fajr ayat 17 (lam bertemu lam)
كَلَّا ۖ بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ
4. QS Al-Balad ayat 8 (lam bertemu lam)
أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ

Idgham Mutajanisain Juz 30

Idgham Mutajanisain adalah bertemunya dua huruf yang sejenis (sama makhraj berbeda sifat) dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua berharakat. Maka cara memabcanya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Dalam juz 30, hanya ada satu contoh Idgham Mutajanisain yaitu

1. QS Al-Kafirun ayat 4 (dal bertemu ta)
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ

Idgham Mutaqaribain Juz 30

Idgham Mutaqaribain adalah bertemunya dua huruf yang berdekatan (dekat makhraj dan sifat) dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua berharakat. Maka cara membacanya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Dalam juz 30 tidak ditemukan contoh Idgham Mutaqaribain.
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon