Sifat Tafasysyi dan Istithalah

Sifat Tafasysyi dan Istithalah -

Sifat-sifat tidak berlawanan merupakan sifat-sifat yang tidak memiliki pasangan atau lawan dan hanya dimiliki oleh huruf-huruf tertentu. Salah satu nya adalah sifat Tafasysyi dan sifat Istithalah. Apa itu pengertian sifat Tafasysyi dan Istithalah? Berikut ulasannya.

Sifat Tafasysyi

Secara bahasa, Tafasysyi atau at-Tafasysyi (التَّفَشِّيْ) berarti merata atau menyebar. Sedangkan secara istilah ilmu Tajwid, sifat Tafasysyi adalah menyebarnya angin di dalam mulut ketika mengucapkan suatu huruf tertentu.


Huruf yang memiliki sifat tafasysyi hanya satu huruf saja, yaitu huruf syin (ش). Saat mengucapkan huruf syin, pembaca hendaknya membuat angin tambahan yang menyebar di dalam mulut ketika mengucapkannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa belajar ke guru-guru al-Quran secara langsung.

Berikut rincian sifat-sifat yang dimiliki huruf syin selain sifat tafasysyi nya :
  1. Syin : Hams, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat, Tafasysyi

Sifat Istithalah

Secara bahasa, istithalah atau al-Istithalah (الْاِسْتِطَالَة) berarti memanjang. Secara istilah ilmu Tajwid, sifat Istithalah adalah memangkan suara dari awal tepi lidah ke akhirannya. Di dalam al-Mufid, sifat istithalah adalah memanjangkan tepi salah satu lidah ketika mengucapkan suatu huruf hingga menyambung ke makhraj huruf lam.
Huruf yang memiliki sifat istithalah hanya satu saja, yakni huruf dhad (ض). Saat mengucapkan huruf dhad, sifat istithalah ini lah yang membedakannya dengan huruf zho (ظ), sehingga perlu diperhatikan dan dilatih di hadapan guru al-Quran.

Lalu bagaimana dengan memanjangkan suara pada mad? Memanjangkan suara dalam mad dan sifat istithalah memiliki perbedaan. Dalam istithalah, yang dipanjangkan adalah suara dan makhraj nya. Sedangkan dalam mad, yang dipanjangkan adalah dirinya sendiri atau tidak bisa lebih.

Berikut rincian sifat-sifat yang dimiliki huruf dhad selain sifat istithalah nya :
  1. Dhad : Jahr, Rakhawah, Isti'la, Ithbaq, Ishmat, Istithalah

Sumber :
al-Mufid
Nihayat al-Qawl al-Mufid

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon