Sifat Takrir dan Inhiraf

Sifat Takrir dan Inhiraf -

Sifat-sifat tidak berlawanan merupakan sifat-sifat yang tidak memiliki pasangan atau lawan dan hanya dimiliki oleh huruf-huruf tertentu. Salah satu nya adalah sifat Takrir dan sifat Inhiraf. Apa itu pengertian sifat Takrir dan Inhiraf? Berikut ulasannya.

Sifat Takrir

Secara bahasa, Takrir atau at-Takrir (التَّكْرِيْر) adalah mengulangi sesuatu, baik pengulangan sekali maupun lebih. Sedangkan secara istilah Ilmu Tajwid, sifat Takrir adalah bergetarnya ujung lidah ketika mengucapkan suatu huruf.

Huruf yang memiliki sifat Takrir adalah huruf ro (ر). Ketika mengucapkan huruf Ro, maka secara otomatis akan menyebabkan getaran pada lidah atau Takrir. Dan maksud dengan adanya sifat Takrir ini, para pembaca agar berhati-hati dan tidak memunculkan sifat Takrir (Getaran berulang). 

Pengucapan huruf Ro hanya membutuhkan satu getaran saja, sehingga apabila sudah melebihi dari satu getaran maka disebut Takrir. Dengan kata lain, semakin banyak getaran yang dihasilkan maka berarti huruf Ro yang dibaca merupakan huruf dobel atau bertasydid. Untuk lebih jelasnya, silahkan talaqqi (bertemu belajar) pada guru-guru al-Quran.

Berikut rincian sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf-huruf yang memiliki sifat Takrir :

  1. Ro : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Inhiraf, Takrir

Sifat Inhiraf

Secara bahasa, Inhiraf atau al-Inhiraf (الإِنْحِرَاف) adalah pindah, condong, atau menyimpang. Sedangkan secara istilah Ilmu Tajwid, sifat Inhiraf adalah condong atau berpindahnya huruf setelah keluar dari makhraj nya. Perpindahan yang dimaksud adalah berpindah ke ujung lidah.



Huruf yang memiliki sifat Takrir ada dua huruf yaitu Lam (ل) dan Ro (ر). Kedua huruf ini apabila diucapkan maka akan terjadi perpindahan dari makhraj nya ke makhraj lainnya. Saat diucapkan, huruf lam berpindah ke ujung lidah, sedangkan huruf ro berpindah ke punggung lidah dan sedikit ke makhraj lam. Untuk lebih jelasnya, silahkan talaqqi (bertemu belajar) pada guru-guru al-Quran.

Berikut rincian sifat-sifat yang dimiliki oleh huruf-huruf yang memiliki sifat Takrir :

  1. Lam : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Inhiraf
  2. Ro : Jahr, Tawassuth, Istifal, Infitah, Idzlaq, Inhiraf, Takrir

Baca artikel lain nya seputar makhraj dan sifat huruf, silahkan KLIK DI SINI.

Baca artikel lain secara lengkap sesuai tema dan bab nya, silahkan KLIK DI SINI.

Penulis di beberapa situs pribadi. Situs ini memuat tulisan-tulisan tentang tajwid dan tilawah al-Quran. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon