Ringkasan Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran (Bag-1)

Ringkasan Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran (Bag-1) -

Salah satu kitab Tajwid ringkas yang dapat dengan mudah dipelajari adalah kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran. Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran ini memiliki 88 halaman dan merupakan salah satu karya dari Dr. Muhammad Salim Muhaysin.

Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran di publish pada tahun 2002 M atau 1423 H oleh Dar Muhaysin li at-Thaba'ah wa an-Nashr wa at-Tawzigh di Kairo, Mesir. Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran ini cukup mudah dibaca dan ringan dipelajari.

Dalam kitab nya, penulis tidak menemukan daftar isi Kitab yang terkadang diletakkan di bagian depan atau belakang Kitab. Berikut daftar Isi kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran yang penulis kumpulkan sesuai urutan dalam isi nya :

  1. Muqaddimah Ilmu Tajwid
  2. Isti'adzah
  3. Basmalah
  4. Nun sukun dan Tanwin
  5. Hukum Nun dan Mim bertasydid
  6. Hukum-hukum Mim sukun
  7. Hukum Lam AL
  8. Hukum Lam Fi'il
  9. Hukum Lam Hal dan Bal
  10. Mad dan Qashr
  11. Mad Lazim
  12. Mad Aridh Lissukun
  13. Bab Waqaf dan Ibtida
  14. Makharijul Huruf
  15. Laqab-laqab Huruf
  16. Sifat Huruf
  17. Pembagian Sifat Huruf
  18. Tafkhim dan Tarqiq
  19. Maqthu dan Mawshul
  20. Ha Ta'nis yang ditulis Ta
  21. Hamzah Washal
  22. Hadzf dan Itsbat

Dari 22 judul pembahasan di atas, penulis akan menampilkan uraian-uraian tertentu dan akan dibagi dalam 2 bagian atau artikel. Di ringkasan Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran (Bag-1) ini akan memaparkan sebagian dari daftar isi yang ada.



Para pembaca juga dapat melihat ringkasan kitab-kitab tajwid lainnya atau dapat juga melihat daftar kitab-kitab tajwid yang juga menjadi bahan bacaan penulis, dengan cara mengunjungi Daftar Kitab-Kitab Tajwid atau klik di sini.

1. Isti'adzah

Hukum isti'adzah adalah mustahabbah (disunnahkan). Ada yang mengatakan, wajib ketika hendak membaca bagian apapun dari al-Quran. Ucapan yang paling dipilih adalah A'udzu billahi minas-syaythanir-rajim.

2. Basmalah

Tidak ada perbedaan terkait membaca Basmalah di awal surat karena terdapat penulisan basmalah di setiap awal surat, kecuali surat Bara'ah  Sedangkan surat Bara'ah tidak diperbolehkan membaca Basmalah di awal surat disebabkan 1) tidak ada penulisan basmalah di awal surat nya, dan 2) karena Bara'ah diturunkan terkait dengan peperangan. Disunnahkan juga membaca basmalah di bagian manapun selain awal surat.

3. Hukum Nun dan Mim bertasydid

Untuk nun dan mim bertasydid memiliki satu hukum yaitu hukum bacaan Ghunnah. Ghunnah secara bahasa berarti berdendang. Secara istilah adalah suara merdu yang muncul di dalam pengucapan nun dan mim.

4. Hukum Lam Fi'il

Lam Fi'il adalah lam sukun yang terletak di akhir atau tengah fi'il (kata kerja). Hukumnya ada dua yaitu Idgham dan Idzhar. Lam fi'il dibaca Idgham apabila bertemu huruf lam dan ro. Sedangkan Lam fi'il dibaca Idzhar apabila bertemu selain huruf lam dan ro.

5. Mad dan Qashr

Mad secara bahasa berarti tambahan. Secara istilah adalah memanjangkan suara sebab huruf mad. Mad terbagi menjadi dua yaitu Asli dan Far'i. Mad Asli adalah Mad yang tidak bertemu sebab lainnya seperti hamzah dan sukun. 

Sedangkan Mad Far'i adalah Mad yang bertemu sebab lainnya seperti hamzah dan sukun. Mad Far'i terbagi menjadi 6 macam, yaitu Munfashil, Muttashil, Lazim, Badal, Lin, dan Aridh Lissukun.

6. Waqaf dan Ibtida

Waqaf secara bahasa adalah menahan. Secara istilah adalah Memutus suara dari membaca dalam waktu sejenak untuk bernafas disertai dengan niat melanjutkan bacaan. Waqaf terbagi menjadi 4 macam, yaitu Tam, Kaf, Hasan, dan Qabih.

7. Tafkhim dan Tarqiq

Tafkhim dan Taghlidz merupakan dua kata yang serupa makna nya. Namun hanya berbeda dalam penggunaan karena sudah populer. Kata Tafkhim lebih populer untuk bab Ro, sedangkan kata Taghlidz lebih populer untuk bab Lam.

Huruf-huruf hijaiyah terbagi menjadi 3 bagian jika ditinjau dari segi Tafkhim dan Tarqiq nya, yiatu huruf yang selalu Tafkhim, huruf yang selalu Tarqiq, dan huruf yang dapat menjadi Tafkhim dan Tarqiq. 



Huruf yang dapat menjadi Tafkhim dan Tarqiq ada 3 huruf yaitu alif, lam, dan ro. Alif dibaca Tafkhim apabila huruf sebelumnya merupakan huruf Tafkhim, begitu pula sebaliknya Tarqiq. Huruf Lam yang dapat menjadi Tafkhim dan Tarqiq adalah yang terdapat dalam kata "Allah".

Demikian artikel berjudul Ringkasan Kitab ar-Raid Fi Tajwid al-Quran (Bag-1). Ringkasan-ringkasan berikutnya akan dipaparkan di artikel Bagian kedua. Anda juga dapat membaca ringkasan kitab-kitab lainnya, dengan cara mengunjungi Daftar Kitab-Kitab Tajwid atau klik di sini.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon