Contoh Mad Shilah Thawilah di Juz 30

Contoh Mad Shilah Thawilah di Juz 30 -

Dalam kategori "Contoh", penulis akan memaparkan atau memberikan contoh-contoh mengenai hukum bacaan atau uraian tajwid suatu ayat. Kali ini adalah contoh hukum bacaan Mad Shilah Thawilah. Para pembaca juga bisa request contoh hukum bacaan.

Dalam contoh hukum bacaan Mad Shilah Thawilah kali ini, penulis mulai dari hukum bacaan Mad Shilah Thawilah yang ada di juz 30 atau biasa disebut juz Amma. Dipilih dari Juz Amma terlebih dahulu, agar para pembaca lebih mudah mencari nya.

Hukum bacaan Mad Shilah Thawilah adalah apabila ada ha' dhamir (kata ganti) yang dibaca panjang dan bertemu dengan hamzah. Apabila tidak bertemu hamzah, maka berubah menjadi Mad Shilah Qashirah. Cara membaca Mad Shilah Thawilah adalah dengan membaca panjang sekitar 4 harakat atau 2 alif (sama dengan Mad Jaiz Munfashil).

Contoh hukum bacaan Mad Shilah Thawilah cukup banyak dan cukup mudah ditemukan di dalam al-Quran. Untuk mencari hukum bacaan Mad Shilah Thawilah, perhatikan ha' dhamir (kata ganti) yang dibaca panjang dan bertemu dengan hamzah (bukan Mad Shilah Qashirah). Atau cari ha' dhamir yang memiliki tanda mad melengkung.

Berikut contoh hukum bacaan Mad Shilah Thawilah dalam Juz 30 lengkap nama surat dan nomor ayatnya. Tidak banyak contoh Mad Shilah Thawilah di Juz 30 yang ditemukan penulis. Kata berwarna merah dalam ayat adalah 2 kata dengan rincian kata pertama terdapat ha dhamir, sedangkan kedua terdapat hamzah sehingga menjadi Mad Shilah Thawilah.

1. QS Al-Muthaffifin ayat 12 (ha dhamir kasrah bertemu hamzah)

وَمَا يُكَذِّبُ بِهِۦٓ إِلَّا كُلُّ مُعْتَدٍ أَثِيمٍ


2. QS Al-Fajr ayat 25 (ha dhamir dhammah bertemu hamzah)

فَيَوْمَئِذٍ لَّا يُعَذِّبُ عَذَابَهُۥٓ أَحَدٌ

3. QS Al-Fajr ayat 26 (ha dhamir dhammah bertemu hamzah)

وَلَا يُوثِقُ وَثَاقَهُۥٓ أَحَدٌ

4. QS Al-Balad ayat 7 (ha dhamir dhammah bertemu hamzah)

أَيَحْسَبُ أَن لَّمْ يَرَهُۥٓ أَحَدٌ

5. QS Al-Lail ayat 11 (ha dhamir dhammah bertemu hamzah)

وَمَا يُغْنِى عَنْهُ مَالُهُۥٓ إِذَا تَرَدَّىٰٓ

6. QS Al-Humazah ayat 3 (ha dhamir dhammah bertemu hamzah)

يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُۥٓ أَخْلَدَهُۥ

Demikian artikel berjudul "Contoh Mad Shilah Thawilah di Juz 30". Untuk contoh-contoh hukum bacaan lain, dapat Anda cari di blog ini atau di kategori Contoh atau klik di sini. Para pembaca juga bisa request contoh hukum bacaan yang lain dengan cara berkomentar di bawah ini.

Penulis di beberapa situs pribadi. Situs ini memuat tulisan-tulisan tentang tajwid dan tilawah al-Quran. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon