28 April 2021

Makhraj Khaisyum Lengkap

Makhraj Khaisyum Lengkap -

Salah satu anggota tubuh yang juga merupakan tempat keluarnya huruf hijaiah adalah rongga hidung atau sering disebut sebagai khaisyum. Khaisyum juga seringkali menjadi makhraj yang kadangkala disalahpahami dimana ada yang menggunakan rongga hidung padahal tidak membaca huruf khaisyum.

Berapa banyak huruf yang tempat keluar (makhraj) nya melalui rongga hidung? Ada dua huruf yang tempat keluarnya berada di khaisyum yaitu huruf nun dan mim. Namun mungkin lebih tepat bila menyebut makhraj khaisyum merupakan tempat keluarnya dengung atau Ghunnah.

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya makhraj huruf nun dan mim sudah terdapat di tempat lain. Makhraj (tempat keluar) huruf nun berada di bagian lidah (lisan) tepatnya di ujung tepi lidah. Sedangkan makhraj huruf mim berada di bagian bibir tepatnya di syafatayn atau dua bibir bersamaan.

Berkenaan makhraj khaisyum, kedua huruf ini yakni nun dan mim juga masih memiliki sifat dengung entah itu sedikit atau banyak. Dan oleh karenanya, makhraj nun dan mim ini lebih dominan dimiliki oleh huruf nun dan mim bertasydid karena keduanya merupakan ghunnah tertinggi. Untuk lebih jelasnya, baca sifat Ghunnah atau klik di sini



Perhatikan syair Ibn Jazari berikut ini

وَغُـنَّــةٌ مَخْـرَجُـهَـا  الخَـيْـشُـومُ

dan Ghunnah, tempat keluarnya adalah khaisyum

Dari syair tersebut, nampak jelas bahwa makhraj Khaisyum dimiliki oleh huruf Ghunnah. Untuk membuktikan bahwa ghunnah itu ada, silahkan baca nun atau mim bertasydid dengan menutup hidung, maka niscaya pengucapan ghunnah nya tidak akan bisa karena makhraj nya tertutup. Wallahu a'lam..

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon