Macam-macam Makhraj

Macam-Macam Makhraj -

Makhraj atau biasa disebut Makharijul Huruf adalah tempat-tempat keluarnya huruf hijaiah. Berbicara tentang macam-macam Makhraj Huruf Hijaiah, terdapat beberapa macam atau jenisnya dan itu tergantung ditinjau dari segi mana ia dilihat.

Setidaknya ada dua segi pembagian makhraj, yang masing-masing terbagi menjadi dua sehingga total ada empat macam-macam makhraj. Keempat macam-macam makhraj tersebut adalah makhraj muhaqqaq, muqaddar, ammah, dan khashshah. 

Makhraj Muhaqqaq dan Muqaddar

Dalam kitab al-Mufid fi Ilm at-Tajwid, ketika menerangkan pengertian dari makharijul huruf dijelaskan bahwa huruf-huruf hijaiah itu keluar dari dua makhraj (tempat keluar) yaitu Makhraj Muhaqqaq dan Makhjra Muqaddar. Kedua makhraj ini ditinjau atau dilihat dari segi tampak tidaknya makhraj atau dari segi jelas tidaknya makhraj tersebut.

Makhraj Muhaqqaq adalah tempat keluarnya huruf yang bersandar pada bagian tubuh tertentu seperti al-Halq (tenggorokan), al-Lisan (lidah), al-Khaisyum (hidung), dan as-Syafah (bibir). Muhaqqaq yang seakar kata dengan tahqiq memiliki makna "nyata" sehingga makhraj yang ditunjuk jelas letak dan posisinya.

Sedangkan Makhraj Muqaddar adalah tempat keluarnya huruf yang tidak bersandar pada bagian tubuh tertentu. Dengan kata lain, makhraj hurufnya tidak nampak jelas letak dan posisinya. Muqaddar bermakna "dikira-kirakan". Contoh makhraj muqaddar adalah al-Jauf (rongga dari mulut ke tenggorokan).

Makhraj Ammah dan Khashshah

Masih dalam kitab yang sama, penulis kitab membagi macam-macam makhraj menjadi dua macam yang akan dibahas yakni Makhraj Ammah dan Khashshah. Berbeda dengan pembagian sebelumnya, penulis kitab hanya memaparkannya dalam pengertian makhraj. Sedangkan yang ini ditulis dalam sub bab pembagian makhraj.

Sesuai namanya, pembagian makhraj-makhraj ini ditinjau atau dilihat dari segi umum dan khususnya. Ammah artinya umum, sedangkan Khashshah artinya khusus. Makhraj Ammah (Amm) juga biasa disebut Makhraj Raisiyyah, sedangkan Makhraj Khashshah kadang disebut Makhraj Far'iyyah.

Makhraj Khashshah merupakan bagian dari Makhraj Ammah. Makhraj Khashshah adalah tempat keluar yang ditempati oleh satu huruf (minimal) atau lebih. Salah satu contoh Makhraj Khashshah adalah pangkal lidah bagian dalam merupakan tempat keluarnya huruf Qaf.

Sedangkan Makhraj Ammah adalah tempat keluar yang terdiri dari (minimal) satu Makhraj Khashshah atau lebih. Hemat penulis, Makhraj Ammah adalah anggota-anggota tubuh semisal lidah, tenggorokan, dan lain-lain. Contohnya, Makhraj Ammah tenggorokan terdiri dari 3 Makhraj Khashshah.

Kitab : al-Mufid fi Ilm at-Tajwid

Penulis di beberapa situs pribadi. Situs ini memuat tulisan-tulisan tentang tajwid dan tilawah al-Quran. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon