12 Januari 2022

Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf

Pembagian Mad Lazim menjadi total empat macam hukum bacaan yaitu Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal, dan Mad Lazim Harfi Mukhaffaf. Lalu apa pengertian Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf? Apa saja contoh-contohnya?


Pengertian Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf

Secara bahasa, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf terdiri dari empat kata yaitu Mad, Lazim, Kalimi, dan Mukhaffaf. Mad artinya memanjangkan, Lazim artinya tetap atau harus, Kalimi artinya dalam bentuk kata (kalimah), dan Mukhaffaf artinya yang dibaca ringan.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf adalah memanjangkan huruf Mad yang bertemu dengan huruf sukun tanpa diidghamkan (tanpa tasydid) dalam satu kata. Dengan kata lain, huruf Mad bertemu sukun dalam satu kata maka hukum bacaannya adalah Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf.

Cara membaca hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf adalah dengan membaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa contoh Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf juga sekaligus menjadi contoh Mad Farqi sehingga cara membacanya ada dua pilihan.

Pilihan pertama adalah dengan membaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Sedangkan pilihan kedua adalah dengan membaca tashil (meringankan) tanpa adanya mad. Para pembaca boleh memilih salah satu dari dua opsi bacaan tersebut.

Contoh-Contoh Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf

Contoh hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal. Contoh Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf hanya ada satu macam kata saja, yang terdapat dalam dua tempat.

Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf dalam QS Yunus 51

أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ ۚ آلْآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ

Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf dalam QS Yunus 91

 آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ

Pertanyaan-Pertanyaan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan seputar hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, yang mungkin juga merupakan pertanyaan para pembaca. Para pembaca atau pengunjung dapat mengajukan pertanyaan dengan cara menulis di kolom komentar.

Q : Kenapa dinamakan Mukhaffaf dalam Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf?
A : Mukhaffaf artinya yang dibaca ringan. Dinamakan demikian karena Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf adalah huruf Mad yang bertemu dengan sukun dalam satu kata, sehingga cara membacanya ringan. Berbeda jika bertemu tasydid maka berat membacanya.

Q : Kenapa dinamakan Kalimi, bukan Kilmi?
A : Hemat penulis, kedua nama tersebut sama-sama dapat digunakan. Istilah Kalimi merupakan gabungan dari kata Kalimah dan Ya' Nisbah. Sedangkan istilah Kilmi berasal dari syair Ibn Jazari, yang arti dan maksudnya kurang lebih sama.
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon