7 Januari 2022

Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal

Pembagian Mad Lazim menjadi total empat macam hukum bacaan yaitu Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal, dan Mad Lazim Harfi Mukhaffaf. Lalu apa pengertian Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal? Apa saja contoh-contohnya?


Pengertian Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal

Secara bahasa, Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal terdiri dari empat kata yaitu Mad, Lazim, Kalimi, dan Mutsaqqal. Mad artinya memanjangkan, Lazim artinya tetap atau harus, Kalimi artinya dalam bentuk kata (kalimah), dan Mutsaqqal artinya yang dibaca berat.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal adalah memanjangkan huruf Mad yang bertemu dengan huruf sukun yang diidghamkan atau tasydid dalam satu kata. Dengan kata lain, huruf Mad bertemu tasydid maka hukum bacaannya adalah Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal.

Cara membaca hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal adalah dengan membaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Selain itu, perlu diperhatikan bacaan tasydidnya karena kadangkala ada tasydid ghunnah dan ada pula tasydid biasa.

Pengecualian cara membaca hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal hanya untuk kata yang juga sekaligus menjadi hukum bacaan Mad Farqi. Sebagaimana yang diketahui, cara membaca Mad Farqi ada dua opsi yaitu dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat dan dibaca tashil.

Contoh-Contoh Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal

Contoh hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal dapat ditemukan di beberapa tempat meskipun tidak sebanyak hukum bacaan lain misalnya hukum nun sukun. Berikut ini beberapa contohnya (warna merah) beserta nama surat dan nomor ayatnya.

Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal dalam QS Abasa ayat 33

فَإِذَا جَاءَتِ الصَّاخَّةُ

Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal dalam QS al-An'am ayat 143

ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ ۖ مِنَ الضَّأْنِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْمَعْزِ اثْنَيْنِ ۗ قُلْ آلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ الْأُنْثَيَيْنِ أَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ أَرْحَامُ الْأُنْثَيَيْنِ ۖ نَبِّئُونِي بِعِلْمٍ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal dalam QS al-Haqqah ayat 3

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحَاقَّةُ

Pertanyaan-Pertanyaan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan seputar hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, yang mungkin juga merupakan pertanyaan para pembaca. Para pembaca atau pengunjung dapat mengajukan pertanyaan dengan cara menulis di kolom komentar.

Q : Kenapa dinamakan Mutsaqqal dalam Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal?
A : Mutsaqqal artinya yang dibaca berat. Dinamakan demikian karena Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal adalah huruf Mad yang bertemu dengan tasydid dalam satu kata, sehingga cara membacanya berat. Berbeda jika bertemu sukun asli maka mudah membacanya.

Q : Kenapa dinamakan Kalimi, bukan Kilmi?
A : Hemat penulis, kedua nama tersebut sama-sama dapat digunakan. Istilah Kalimi merupakan gabungan dari kata Kalimah dan Ya' Nisbah. Sedangkan istilah Kilmi berasal dari syair Ibn Jazari, yang arti dan maksudnya kurang lebih sama.
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon