27 Januari 2022

Mad Lazim Harfi Mutsaqqal Lengkap

Pembagian Mad Lazim menjadi total empat macam hukum bacaan yaitu Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal, dan Mad Lazim Harfi Mukhaffaf. Lalu apa pengertian Mad Lazim Harfi Mutsaqqal? Apa saja contoh-contohnya?


Pengertian Mad Lazim Harfi Mutsaqqal

Secara bahasa, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal terdiri dari empat kata yaitu Mad, Lazim, Harfi, dan Mutsaqqal. Mad artinya memanjangkan, Lazim artinya tetap atau harus, Harfi artinya dalam bentuk huruf, dan Mutsaqqal artinya yang dibaca berat.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal adalah memanjangkan huruf Mad yang bertemu dengan huruf sukun yang diidghamkan (tasydid) dalam bentuk huruf. Dengan kata lain, pertemuan Mad dengan sukun tersebut hanya berada dalam bentuk huruf atau biasa disebut fawatihus suwar.

Dalam artikel yang sudah ditulis berjudul "Fawatihus Suwar" (baca artikelnya klik di sini), telah dijelaskan bahwasanya cara membaca huruf fawatihus suwar adalah dengan mengeja nama hurufnya, sehingga muncul bunyi-bunyi beragam tergantung nama hurufnya. 

Misalnya, huruf (ن) dalam fawatihus suwar tidak dibaca نَ (na), melainkan dibaca sesuai nama hurufnya yaitu نُوْنْ (nuun).

Misalnya, huruf (ل) dalam fawatihus suwar tidak dibaca لَ (la), melainkan dibaca sesuai nama hurufnya yaitu لَامْ (laam)

Misalnya, huruf (ص) dalam fawatihus suwar tidak dibaca صَ (sha), melainkan dibaca sesuai nama hurufnya yaitu صَادْ (shaad

Cara membaca hukum bacaan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal adalah dengan membaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Dalam mushaf, huruf fawatihus suwar yang dibaca Mad Lazim diberi tanda panjang seperti alis atau layar bendera.

Contoh-Contoh Mad Lazim Harfi Mutsaqqal

Contoh hukum bacaan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal tentu hanya terdapat dalam fawatihus suwar saja, sebagaimana Mad Lazim Harfi Mukhaffaf. Perbedaan keduanya terletak pada cara membaca. Mad Lazim Harfi Mutsaqqal terdapat dengung (Perbedaan secara lengkap terdapat dalam artikel khusus).

Berikut salah satu dari contoh-contoh hukum bacaan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal. Huruf yang mengandung hukum bacaan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal diberi warna merah.

Mad Lazim Harfi Mutsaqqal dalam QS al-Baqarah ayat 1

الٓمٓ

Cara membacanya adalah أَلِفْ لَآمْ مِيْمْ

Mad Lazim Harfi Mutsaqqal dalam QS al-A'raf ayat 1

الۤمّۤصۤ

Cara membacanya adalah أَلِفْ لَآمْ مِيْمْ صَآدْ

Pertanyaan-Pertanyaan

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan seputar hukum bacaan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal, yang mungkin juga merupakan pertanyaan para pembaca. Para pembaca atau pengunjung dapat mengajukan pertanyaan dengan cara menulis di kolom komentar.

Q : Kenapa dinamakan Mutsaqqal dalam Mad Lazim Harfi Mutsaqqal?
A : Mutsaqqal artinya yang dibaca berat. Dinamakan demikian karena Mad Lazim Harfi Mutsaqqal adalah huruf Mad yang bertemu dengan sukun yang idgham (tasydid) dalam bentuk huruf, sehingga cara membacanya berat. Berbeda jika bertemu sukun tanpa dengung maka ringan membacanya.

Q : Cara membedakan Mad Lazim Harfi Mukhaffaf dengan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal?
A : Terdapat artikel khusus yang membahasnya. Secara singkat, salah satu cara membedakannya adalah dengan dilihat cara membacanya. Yang dimaksud cara membacanya adalah ada tidaknya bunyi dengung tasydid dalam bacaannya.
Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon