7 Februari 2022

Makhraj Lisan Lengkap

Salah satu anggota tubuh yang merupakan tempat keluar atau makhraj huruf hijaiah adalah Lidah. Dalam bahasa Arab, lidah berarti Lisan (al-Lisan). Makhraj Lisan merupakan makhraj dengan huruf yang terbanyak yaitu 18 huruf.

Apa saja huruf-huruf yang keluar dari lidah? Sebagaimana disebutkan dalam Matan Jazari, kelima belas  huruf Lisan adalah sebagai berikut ini

ت ، ث ، ج ، د ، ذ ، ر ، ز ، س ، ش ، ص ، ض ، ط ، ظ ، ق ، ك ، ل ، ن ، ي

Dari kelima belas huruf di atas, masing-masing memiliki makhraj yang berbeda sekalipun sama-sama dalam lidah. Setidaknya, lidah terbagi menjadi 4 bagian dan terdapat 10 makhraj. Keempat bagian itu adalah Aqsa al-Lisan, Wasath al-Lisan, Hafat al-Lisan, dan Tharf al-Lisan.

Makhraj al-Lisan

Aqsa al-Lisan

Aqsa al-Lisan terdiri dari dua kata yaitu Aqsa dan al-Lisan. Aqsa artinya pangkal, sedangkan al-Lisan artinya lidah. Dimana letak pangkal lidah? Jika melihat lihat gambar Makhraj al-Lisan di atas, letak pangkal lidah berada di bagian belakang atau mendekati tenggorokan atas. 

Ada berapa makhraj huruf yang berada di Aqsa al-Lisan dan ada berapa hurufnya? Dalam pangkal lidah, terdapat 2 makhraj. Dan kedua makhraj tersebut ditempati masing-masing satu huruf, sebagaimana yang disebut dalam matan Jazari

وَالْـقَـافُ  أَقْصَـى اللِّسَـانِ فَـوْقُ ثُــمَّ الْـكَـافُ أَسْفَـلُ
Dan huruf Qaf terletak di pangkal lidah bagian atas, lalu huruf Kaf bagian bawah

Makhraj pertama dalam Aqsa al-Lisan adalah pangkal lidah bagian atas. Huruf yang keluar (makhraj) nya berupa pangkal lidah bagian atas adalah huruf Qaf. Makhraj kedua dalam Aqsa al-Lisan adalah pangkal lidah bagian bawah. Huruf yang keluar (makhraj) nya berupa pangkal lidah bagian bawah adalah huruf Kaf.

Wasath al-Lisan

Wasath al-Lisan terdiri dari dua kata yaitu Wasath dan al-Lisan. Wasath artinya tengah, sedangkan al-Lisan artinya lidah. Dimana letak pangkal lidah? Anda dapat melihat gambar makhraj al-Lisan untuk melihat posisi huruf wasath al-Lisan.

Ada berapa makhraj huruf yang berada di Wasath al-Lisan dan ada berapa hurufnya? Berbeda dengan Aqsa al-Lisan, makhraj yang terdapat di Wasath al-Lisan hanya ada satu. Dan satu makhraj itu ditempati oleh tiga  huruf, sebagaimana yang disebut dalam matan Jazari

وَالْوَسْـطُ فَجِيـمُ الشِّـيـنُ يَـا
Dan bagian tengah lidah adalah huruf Jim, Syin, dan Ya

Huruf-huruf yang keluar dari tengah lidah adalah huruf Jim, huruf Syin, dan huruf Ya. Ketiga huruf tersebut memiliki makhraj atau tempat keluar yang sama sehingga bisa dikatakan ketiga huruf ini merupakan mutajanis (huruf yang sama makhra tetapi berbeda sifat).

Hafat al-Lisan

Hafat al-Lisan terdiri dari dua kata yaitu Hafat dan al-Lisan. Hafat artinya tepi atau pinggir, sedangkan al-Lisan adalah lidah. Dimana posisi pinggir lidah? Jika lidah diibaratkan balok ruang, maka pinggir lidah adalah bagian tinggi dan lebar balok tersebut.

Ada berapa makhraj huruf yang berada di Hafat al-Lisan dan ada berapa hurufnya? Dalam Hafat al-Lisan terdapat dua makhraj yang masing-masing diisi oleh satu huruf, sebagaimana yang disebutkan dalam matan Jazari berikut :

وَالـضَّـادُ مِــنْ حَافَـتِـهِ إِذْ وَلِـيَــا لَاضْرَاسَ مِـنْ أَيْـسَـرَ أَوْ يُمْنَـاهَـا وَالـــلاَّمُ أَدْنَــاهَــا لِمُنْـتَـهَـاهَـا
Dan huruf Dhad berasal dari pinggir lidah ketika bersentuhan dengan gigi geraham dari sisi kanan atau sisi kiri. Dan huruf Lam berasal dari akhir huruf Dhad hingga ujung pinggir lidah.

Makhraj pertama di bagian Hafat al-Lisan adalah pinggir lidah bagian pangkal. Hurufnya adalah huruf Dhad. Sedangkan makhraj kedua di bagian Hafat al-Lisan adalah pinggir lidah bagian ujung. Hurufnya adalah huruf Lam.

Tharf al-Lisan

Tharf al-Lisan terdiri dari dua kata yaitu Tharf dan al-Lisan. Tharf artinya ujung, sedangkan al-Lisan artinya lidah. Yang dimaksud dengan ujung lidah ialah ujung lidah bagian permukaan. Anda dapat melihat gambar di atas.

Di makhraj terakhir ini, banyak sekali huruf yang keluar darinya. Setidaknya ada 5 makhraj khusus dalam Tharf al-Lisan. Dan kelima makhraj itu total terdapat 11 huruf, sebagaimana yang disebutkan dalam matan Jazari sebagai berikut:

وَالنُّونُ مِـنْ طَرَفِـهِ تَحْـتُ اجْعَـلُـوا وَالــرَّا يُدَانِـيـهِ لِظَـهْـرٍ أَدْخَـلُ وَالطَّـاءُ وَالـدَّالُ وَتَـا مِـنْـهُ وَمِـنْ عُلْيَـا الثَّنَـايَـا والصَّفِـيْـرُ مُسْتَـكِـنْ مِنْهُ وَمِـنْ فَـوْقِ الثَّنَـايَـا السُّفْـلَـى وَالـظَّـاءُ وَالــذَّالُ وَثَــا لِلْعُـلْـيَـا مِـنْ طَرَفَيْهِمَـا
Dan huruf Nun berasal dari ujung lidah, bawahnya huruf Lam. Huruf Ro dekat dengan huruf Nun namun lebih masuk ke punggung lidah. Huruf Tha, Dal, dan Ta dari ujung lidah dengan belakang gigi seri atas. Huruf shafir itu ujung lidah tegak ke atas gigi seri bawah. Huruf Dha, Dzal, dan Tsa itu atasnya dari kedua ujung.

Makhraj pertama dalam Tharf al-Lisan adalah ujung lidah yang bersentuhan dengan langit-langit atas, atau berada tepat di bawah lam lebih dekat ke gigi gusi seri atas. Huruf yang keluar dari sini adalah huruf Nun saja.

Makhraj kedua dalam Tharf al-Lisan adalah ujung lidah yang lebih dekat ke makhraj Nun, tetapi lebih masuk sedikit ke bagian punggung lidah yaitu bagian ujung lidah yang dekat dengan tengah lidah. Huruf yang keluar dari sini adalah huruf Ra saja.

Makhraj ketiga dalam Tharf al-Lisan adalah ujung lidah yang menempel atau bersentuhan dengan bagian belakang gigi seri atas. Huruf yang keluar dari sini terdapat tiga huruf yaitu huruf Tha, huruf Dal, dan huruf Ta.

Makhraj keempat dalam Tharf al-Lisan adalah ujung lidah dalam posisi sejajar dengan atasnya gigi seri bawah. Huruf yang keluar dari sini adalah huruf yang memiliki sifat Shafir. Ada 3 huruf yang punya sifat Shafir yaitu huruf Sin, huruf Shad, dan huruf Zay.

Makhraj kelima dalam Tharf al-Lisan adalah ujung lidah menempel atau bersentuhan ujung gigi seri atas. Huruf yang keluar dari sini terdapat tiga huruf yaitu huruf Dha, huruf Dzal, dan huruf Tsa.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon